//

HUBUNGAN PENGETAHUAN, DANA INSENTIF, KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA DENGAN PARTISIPASI KADER DALAM PELAKSANAAN POSYANDU DIWILAYAH PUSKESMAS KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yanti - Personal Name
SubjectPUBLIC HEALTH-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

HUBUNGAN PENGETAHUAN, DANA INSENTIF, SARANA DAN PRASARANA DENGAN PARTISIPASI KADER DALAM PELAKSANAAN POSYANDU DIWILAYAH PUSKESMAS KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN Oleh: Yanti NIM: 1309200180030 Komisi Pembimbing: Dr. dr. Mulyadi Sp. P (K) Dr. H Said Usman, M. Kes ABSTRAK Latar Belakang: Kader adalah seorang tenaga sukarela yang dipilih dari, oleh, dan untuk masyarakat yang bertugas membantu kelancaran pelayanan kesehatan. Posyandu sangat bergantung oleh peran kader. Namun keberadaan kader relatif lebih labil karena partisipasinya bersifat sukarela padahal untuk tercapainya kegiatan posyandu yang berkualitas diperlukan partisipasi kader. Metodelogi Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, dana insentif, sarana dan prasarana dengan partisipasi kader. Jenis penelitian ini adalah Survey Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini keseluruhan kader posyandu diwilayah Puskesmas Kutablang Kabupaten Bireuen. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin yaitu berjumlah 70 kader posyandu. Hasil: Univariat; Pengetahuan tinggi (58,6%), yang ada Dana insentif (55,7%), Ketersediaan sarana dan Prasarana tidak lengkap (71,4%), Partisipasi kader tinggi (55,7%). Bivariat; tidak ada hubungan pengetahuan (p_ value = 0,512) dengan partisipasi kader, ada hubungan dana insentif (p_value = 0,001) dengan partisipasi kader, tidak ada hubungan ketersediaan sarana dan prasarana (p_value = 0,470) dengan partisipasi kader. Multivariat; Dana insentif adalah variabel yang paling berhubungan dengan partisipasi kader. Kata Kunci: Partisipasi kader, Posyandu, Dana insentif

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KOMPARATIF KINERJA KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG DENGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM (SARINI VIVI YANTI, 2016)

GAMBARAN KARAKTERISTIK DAN KINERJA KADER KESEHATAN BERDASARKAN TINGKAT PERKEMBANGAN POSYANDU DALAM WILAYAH KERJA PUSKESMAS DI KABUPATEN ACEH BESAR (nana rahmita, 2017)

PENGETAHUAN DAN PERAN KADER POSYANDU TENTANG GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (MUHAMMAD SAYUTHI, 2016)

PERAN KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Pathul Barri, 2016)

FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI IBU MEMBAWA BALITA KE POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2012 (RITA JUMIATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy