//

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT PUSKESMAS TENTANG KEGAWATDARURATAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Hasanuddin - Personal Name
SubjectEARTHQUAKE
DISASTER-SOCIAL EFFECTS
NURSES
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Ilmu Kebencanaan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Keperawatan bencana memerlukan penerapan pengetahuan keperawatan dasar dalam lingkungan yang sulit dengan sumber daya yang terbatas serta kondisi yang berubah, sehingga peran perawat memegang kunci utama dalam situasi dan kondisi krisis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan perawat Puskesmas Samatiga dan Puskesmas Drien Rampak tentang kegawatdaruratan menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Aceh Barat. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan total sampling, sebanyak 45 orang perawat Puskesmas Samatiga dan Puskesmas Drien Rampak Kabupaten Aceh Barat selama bulan April 2015. Hasil penelitian menunjukkan 64,4% dari responden berada pada tingkat pengetahuan yang kurang. Analisis statistik dengan uji Chi-square CI 95% menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan perawat puskesmas tentang kegawatdaruratan menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami dengan faktor pendidikan dan pelatihan kebencanaan (p=0,036, OR=4,929), pengalaman keperawatan bencana (p=0,006, OR=8.000), dan simulasi/latihan (drill) penanganan korban bencana (p=0,047, OR=9,333). Masih kurangnya pengetahuan perawat puskesmas dalam pelayanan gawat darurat bencana gempa bumi dan tsunami terkait dengan pelaksanaan keperawatan bencana pada tingkat individu/keluarga dan pemahamaan tentang teknik resusitasi jantung paru. Kata Kunci: Pengetahuan perawat, Kegawatdaruratan, Gempa bumi dan tsunami

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGETAHUAN PERAWAT PUSKESMAS TENTANG PENANGGULANGAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DALAM WILAYAH KERJA KOTA BANDA ACEH (WINDA SALTIRA, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN PERAWAT PADA PUSKESMAS YANG BERISIKO TERHADAP BENCANA TSUNAMI DI BANDA ACEH (INTAN MASLIDA, 2016)

HUBUNGAN SIKAP TENTANG REGULASI, PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DI BLUD RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PEMERINTAH ACEH. (bukhari, 2015)

PERBANDINGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPARNBUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR RNSIAGA BENCANA DAN NON SIAGA BENCANARNDI BANDA ACEH (MABRUR RIZA, 2015)

KAJIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENGALAMAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Ainal Mardhiah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy