//

ANALISIS PERAN KEEPER SEBAGAI FAKTOR RESIKO INFEKSI PARASIT NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA ORANGUTAN SUMATERA YANG DIKANDANGKAN DI STASIUN RE-INTRODUKSI JANTHO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ali Murtala, S.KH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ANALISIS PERAN KEEPER SEBAGAI FAKTOR RESIKO INFEKSI PARASIT NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA ORANGUTAN SUMATERA YANG DIKANDANGKAN DI STASIUN RE-INTRODUKSI JANTHO ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keeper sebagai faktor resiko yang menyebabkan orangutan di Stasiun Re-introduksi Jantho, terinfeksi parasit nematoda gastrointestinal. Penelitian ini menggunakan metode sensus. Sejumlah delapan orang keeper yang ada diambil sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui survei menggunakan teknik wawancara dengan bantuan kuesioner terstruktur. Selain itu diambil sampel berupa feses dari 6 orangutan Sumatera yang berada di Stasiun Re-introduksi Jantho. Selanjutnya sampel feses diperiksa di Laboratorium Parasitologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala. Pemeriksaan infestasi parasit nematoda gastrointestinal menggunakan metode natif dan metode sentrifugasi. Analisa data yang diperoleh dilakukan secara deskriptif. Dari data kuesioner didapatkan hasil bahwa salah satu faktor resiko yang diduga sebagai penyebab infeksi nematoda gastrointestinal pada orangutan adalah semua keeper tidak memakai sarung tangan pada saat memberi makan. Selanjutnya hasil pemeriksaan laboratorium dari 6 sampel feses orangutan Sumatera ditemukan bahwa prevalensi parasit nematoda gastrointestinal sebesar 16,7% terinfeksi Strongiloides spp. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa infeksi nematoda gastrointestinal pada orangutan di Stasiun Re-introduksi Jantho tergolong sangat rendah yaitu hanya terinfeksi Strongiloides spp, serta perilaku keeper sudah sangat baik dalam hal mencegah infeksi cacing pada orangutan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREVALENSI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE KABUPATEN ACEH BESAR (ZAKIYATURRIDHA, 2019)

IDENTIFIKASI PARASIT NEMATODA GASTROINTESTINAL ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KARANTINA BATU MBELIN, SIBOLANGIT PROVINSI SUMATERA UTARA (ICHSAN TAUFIK NASUTION, 2014)

IDENTIFIKASI PARASIT NEMATODA SALURAN PENCERNAAN PADA ANJING PEMBURU (CANIS FAMILIARIS) DI KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN PROVINSI SUMATERA BARAT (Desi Akhira, 2014)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ENTERIK PATOGEN PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BINATANG KINANTAN BUKITTINGGI (ORYONA ROMADHON, 2015)

INFEKSI TOXOPLASMA GONDII DAN KAITANNYA DENGAN PARASIT GASTROINTESTINAL PADA KUCING LIAR DI BANDA ACEH (LARASATI FADHLEN, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy