//

RESIDU ANTIBIOTIK GOLONGAN TETRASIKLIN (OKSITETRASIKLIN) PADA TELUR AYAM RAS DI PASAR KEBON ROEK KOTA MATARAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FIQIH RIZKI AULIA PRATIWI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK RESIDU ANTIBIOTIK GOLONGAN TETRASIKLIN (OKSITETRASIKLIN) PADA TELUR AYAM RAS DI PASAR KEBON ROEK KOTA MATARAM Oleh: Fiqih Rizki Aulia Pratiwi Pangan asal ternak sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan dan kualitas hidup manusia. Salah satu pangan asal ternak yang umum dikonsumsi adalah telur. Keberadaan residu obat hewan golongan antibiotik pada telur telah dilaporkan di Indonesia, beberapa penelitian terhadap residu antibiotik pun telah dilakukan oleh Dinas Peternakan Provinsi Kota Mataram. Penelitian ini di tujukan untuk mengetahui apakah terdapat residu antibiotik golongan Oksitetrasiklin pada telur ayam ras yang dijual di pasar Kebon Roek Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif, pengambilan sampel secara acak pada tiga pedagang, jumlah sampel sebanyak 27 sampel, dengan jenis sampel telur ayam ras. Pengujian residu yang digunakan yaitu uji tapis. Data dianalisa dengan jumlah sampel yang positif dibagi dengan jumlah seluruh sampel yang digunakan. Penelitian dimulai dari tanggal 3 Oktober sampai dengan 20 Oktober 2011, dan pemeriksaan sampel dilakukan di Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner Banyumulek, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian pada bulan Oktober menunjukkan bahwa 27 sampel telur yang diperiksa tidak mengandung residu antibiotik Golongan Tetrasiklin (Oksitetrasiklin), jadi porsentase hasil pemeriksaan adalah 0%. Mengingat asal telur berasal dari daerah yang berbeda, maka setelah dianalisa terhadap kemungkinan adanya perbedaan daerah hambatan antibiotik ternyata telur dari 2 daerah yang berbeda yaitu bangli dan jawa timur tidak mempunyai perbedaan yang signifikan dimana α > 0,05. Kata kunci: Residu, telur, Oksitetrasiklin.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUJIAN RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN (SWALAYAN) DI KOTA BANDA ACEH (Ovi Juliana, 2015)

DETEKSI RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER DI BALAI VETERINER BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (NURUL HILDANI, 2019)

DETEKSI RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING BROILER YANG TERDAPAT DI BEBERAPA PASAR TRADISIONAL KABUPATEN PIDIE (Muhammad Afzal, 2015)

RESISTENSI ESCHERICHIA COLI TERHADAP ANTIBIOTIK DARI TELUR AYAM RAS DI MINIMARKET DARUSSALAM BANDA ACEH (Maulana, 2018)

RESISTENSI ESCHERICHIA COLI YANG DIISOLASI DARI TELUR AYAM DI BEBERAPA WARUNG KOPI KAWASAN DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH TERHADAP ANTIBIOTIK (M. Arif Al Furqan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy