//

JANTANISASI IKAN LELE DUMBO (CLARIAS GARIEPINUS) MENGGUNAKAN HORMON METHYL TESTOSTERONE (MT) ALAMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elia Novara, S.KH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh hormon Methyl Testosterone (MT) alami terhadap tingkat jantanisasi larva lele dumbo (Clarias gariepinus) dalam perendaman dan melalui pakan. Penelitian ini menggunakan 270 larva lele dumbo berumur 9 hari yang dibagi dalam 3 perlakuan dan 3 ulangan, masing-masing ulangan terdiri dari 30 ekor larva ikan lele dumbo. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Gup I (P0) sebagai kontrol. Grup II (PI) dengan perendaman mengunakan hormon MT alami. Grup III (PII) melalui pakan yang mengandung hormon MT alami. Pengamatan dilakukan pada hari ke 50 umur ikan. Rata-rata (±SD) pesentase jantanisasi ikan lele dumbo (Clarias griepinus) pada P0 52,61±3,07; PI 88,55±2,51 dan PII 83,14±3,89. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase jantanisasi yang dilakukan dengan metode perendaman dan pemberian pakan berpengaruh sangat nyata terhadap kontrol, sedangkan perlakuan yang terbaik adalah perlakuan dengan perendaman.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LAMA PERENDAMAN LARVA IKAN LELE DUMBO (CLARIAS GARIEPINUS) DALAM HORMON METILTESTOSTERON ALAMI MENJADI IKAN LELE JANTAN (ananda afrida, 2015)

PENGARUH UMUR LARVA IKAN LELE DUMBO (CLARIAS GARIEPINUS ) TERHADAP JANTANISASI DENGAN PERENDAMAN MENGGUNAKAN HORMON METIL TESTOTERON (MT) ALAMI (Hattanul Mulia, 2015)

JANTANISASI IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) MENGGUNAKAN HORMON METHYL TESTOSTERON (MT) ALAMI (Silmi Wardani, S.kh, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN TUMBUHAN MATA LELE (AZOLLA PINNATA) TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN IKAN LELE DUMBO (CLARIAS FUSCUS) (Cut Nazia Izzati, 2015)

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK BAWANG MERAH (ALLIUM CEPA L.) SEBAGAI PREBIOTIK RNDALAM PAKAN UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN IKAN LELE DUMBO RN(CLARIAS GARIEPINUS) (Jemaan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy