//

PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA MATERI APRESIASI SENI TARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII SMPN 11 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Ariyani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Pembelajaran seni tari, media gambar, apresiasi siswa Penelitian ini berjudul “Pembelajaran seni budaya pada materi apresiasi seni tari dengan menggunakan media gambar di kelas VIII SMPN 11 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah proses penggunaan media gambar di kelas VIII1 dan yang tidak menggunakan media gambar di kelas VIII2 pada pembelajaran seni budaya materi apresiasi seni tari di SMPN 11 Banda Aceh dan Bagaimanakah hasil belajar siswa dengan penerapan media gambar di kelas VIII1 dan yang tidak menggunakan media gambar di kelas VIII2 untuk meningkatkan apresiasi siswa terhadap pelajaran seni budaya kelas VIII di SMPN 11 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mendeskripsikan proses penggunaan media gambar di kelas VIII1 dan yang tidak menggunakan media gambar di kelas VIII2 pada pembelajaran seni budaya materi apresiasi seni tari di SMPN 11 Banda Aceh, serta untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penggunaan media gambar di kelas VIII1 dan yang tidak menggunakan media gambar di kelas VIII2 untuk meningkatkan apresiasi siswa terhadap pelajaran seni budaya kelas VIII di SMPN 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 11 Banda Aceh. Sedangkan sampel yang peneliti ambil untuk diteliti adalah siswa kelas VIII1 (kelas eksperimen) yang berjumlah 17 orang dengan rincian 7 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki dan VIII2 (kelas kontrol) yang berjumlah 16 orang dengan rincian 9 orang siswa perempuan dan 7 orang siswa laki-laki siswa yang hadir dikelas kontrol pada saat penelitian berjumlah 12 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media gambar, siswa lebih aktif dan lebih baik dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan media gambar. Hasil belajar siswa kelas VIII1 (kelas eksperimen menggunakan media gambar) mengalami peningkatan dan lebih baik dibandingkan kelas VIII2 (kelas Kontrol tanpa mengunakan media gambar). KKM yang harus dicapai oleh siswa adalah 75, kelas VIII1 memiliki peningkatan nilai rata-rata kemampuan siswa sebesar 82% dan mampu mencapai KKM, sedangkan kelas VIII2 memiliki nilai rata-rata kemampuan siswa sebesar 42% dan tidak mampu mencapai KKM.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA PEMBELAJARAN SBDP (SENI BUDAYA DAN PRAKARYA) PADA MATERI SENI TARI DI SD SE-KECAMATAN BINTANGKABUPATEN ACEH TENGAH (SUS ARMADANI, 2015)

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN APRESIASI SENI RUPA DI SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (TIHAJAR, 2014)

PROSES PEMBELAJARAN SENI TARI PADA MATERI TARI KREASI GAYA TRADISIONAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (CUT RAHMATILLAH, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI SENI TARI DAN SENI RUPA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Cut Putro, 2013)

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI SENI TARI DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Yeni Zuryaningsih, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy