//

PROSES PEMBELAJARAN PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN DARI BAHAN LIMBAH BOTOL AQUA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DI MTSN 1 SIMPANG ULIM KABUPATEN ACEH TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAFIQA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : pembelajaran, Direct Instruction, kerajinan tangan Penelitian yang berjudul “Proses Pembelajaran Pembuatan Kerajinan Tangan dari Bahan Limbah Botol Aqua dengan Menggunakan Model Direct Instruction di MTs Negeri 1 Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur” ini mengangkat masalah bagaimanakah proses pembelajaran kerajinan tangan dengan menggunakan model Direct Instrction di kelas VIII-8 MTs Negeri 1 Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur, bagaimanakah proses pembelajaran kerajinan tangan tanpa menggunakan model Direct Instruction di kelas VIII-7 MTs Negeri 1 Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur serta bagaimanakah perbandingan hasil belajar kerajinan tangan dengan menggunakan model Direct Instruction dan hasil belajar kerajinan tangan tanpa menggunakan model Direct Instruction di VIII-7 dan VIII-8. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran kerajinan tangan dengan menggunakan model Direct Intruction di kelas VIII-8 MTs Negeri 1 Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur, dan mendeskripsikan proses pembelajaran kerajinan tangan tanpa menggunakan model Direct Instruction di kelas VIII-7 MTs Negeri 1 Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur serta untuk mendeskripsikan perbandingan hasil belajar kerajinan tangan dengan dan tanpa menggunakan model Direct Instruction di kelas VIII-8 dan VIII-7 MTs Negeri 1 Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Berdasarkan proses pembelajaran kerajinan tangan dengan menggunakan model Direct Instruction siswa lebih aktif dan kreatif karena adanya demonstrasi langsung dan memberikan latihan terbimbing. Proses pembelajaran tanpa menggunakan model Direct Instruction siswa cenderung lebih pasif karena hanya melihat apa yang ada pada video yang ditampilkan guru tanpa adanya demonstrasi dan latihan terbimbing. Hasil belajar siswa kelas VIII-8 (kelas eksperimen menggunakan model Direct Instrution) mengalami peningkatan dan lebih baik dibandingkan kelas VIII-7 (kelas Kontrol tanpa menngunakan model Direct Insruction). KKM yang harus dicapai oleh siswa adalah 80, kelas VIII-8 memiliki peningkatan nilai rata-rata kemampuan siswa sebesar 84,1 dan mampu mencapai KKM, sedangkan kelas VIII-7 memiliki nilai rata-rata kemampuan siswa sebesar 71,3 dan tidak mampu mencapai KKM. Dengan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa kelas VIII-8 (kelas eksperimen) memiliki nilai tes lebih baik dibandingkan kelas VIII-7 (kelas kontrol).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN SAMPAH ANORGANIK SEBAGAI BAHAN MEMBUAT KARYA SENI KERAJINAN DI DESA ATEUK MUNJENG KOTA BANDA ACEH (Muhammad Ridha, 2014)

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSN BANDA ACEH (AINOL MARDIYAH, 2019)

THE APPLICATION OF TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) METHOD IN TEACHING LISTENING SKILL TO ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS (Desi Adliyanti, 2013)

KERAJINAN LIMBAH KELAPA DI GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGAKABUPATEN ACEH BESAR (Cut Wilisa, 2018)

PEMANFAATAN TEMPURUNG KELAPA UNTUK PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN DI USAHA BATOK CRAFT ABDYA (NANA SURIANA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy