//

KAJIAN KERENTANAN BANGUNAN TERHADAP BENCANA TSUNAMI DI KECAMATAN MEURAXA-BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tuah Rizkiyah - Personal Name
SubjectCITY PLANNING
DISASTERS - SOCIAL SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Abstrak/Catatan

Pada awal proses rekonstruksi dan rehabilitasi Kecamatan Meuraxa, yang terkena dampak tsunami pada tanggal 26 Desember 2004 yang lalu, tidak memiliki acuan rencana tata ruang yang berbasis mitigasi. Banyak bangunan berdiri kembali pada lokasi sebelumnya, dimana lokasi tersebut terdata memiliki tingkat kerusakan bangunan yang tinggi.Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tingkat kerentanan bangunan dan bangunan evakuasi alternatif terhadap bencana tsunami di kecamatan Meuraxa. Penelitian di fokuskan pada kerentanan bangunan terhadap ancaman genangan tsunami tanpa meninjau pengaruh gempa pra-tsunami. Metode perkiraan kerentanan yang digunakan dikenal sebagai BTV (Building Tsunami Vulnerability) dengan tiga parameter tinjauan yaitu kondisi bangunan, kedalaman genangan, dan pelindung pantai. Teknik survei dan pembobotan dilakukan untuk menilai tingkat kerentanan bangunan terhadap bencana tsunami berdasarkan ketinggian genangan tsunami dan kondisi pelindung pantai. Analisis data dilakukan secara spasial menggunakan sistem informasi geografi untuk melihat bangunan berdasarkan nilai bobotnya terhadap ketinggian genangan tsunami pada lokasi berdirinya. Hasil yang diperoleh bahwa tingkat kerentanan bangunan terhadap bencana tsunami bervariasi, yaitu : tingkat kerentanan bangunan tinggi (2,14 %);sedang(84,74 %); dan rendah (13,11 %)dari total jumlah bangunan sebanyak 7.139 unit. Bangunan dengan tingkat kerentanan sedang hingga tinggi mencapai 86,88 %. Terdapat 37 unit bangunan yang dapat dijadikan bangunan evakuasi alternatif. Mengingat tingginya kerentanan bangunan di Kecamatan ini, maka perlu dilakukan penelitian yang lebih mendetail dengan melakukan pemodelan simulasi numerik tsunami 26 Desember 2004. Kata Kunci: Tsunami, Kerentanan Bangunan, Kecamatan Meuraxa, GIS

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINJAUAN PENENTUAN NILAI KERENTANAN FISIK DAN SOSIAL BENCANA TSUNAMI PADA TINGKAT KOTA (STUDI KASUS KOTA BANDA ACEH) (Annisa Sri Sugiarti, 2019)

ANALISIS KERENTANAN BANGUNAN GEDUNG DAN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA MITIGASI BENCANA TSUNAMI DI KECAMATANRNKUTA ALAM BANDA ACEH (Widya Soviana, 2015)

ANALISIS TINGKAT KERENTANAN DAN KAPASITAS MASYARAKAT TERHADAP BENCANA BANJIR BANDANG KECAMATAN CELALA KABUPATEN ACEH TENGAH (Wahyuni, 2016)

PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH DALAM MITIGASI BENCANA: PELAJARAN SOSIAL DARI BENCANA TSUNAMI (Putra Rizki Youlan Radhianto, 2017)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN PENGETAHUAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA TSUNAMI PADA MASYARAKAT DESA PUNGE UJONG KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (ICHA PRASETINA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy