//

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI STRES LISTRIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fara Meutia - Personal Name
SubjectSTRESS - MEDICINE
CELERY (APIUM GRAVEOLENS L.)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Stres merupakan salah satu penyebab hiperglikemia. Metabolisme tubuh mengalami peningkatan pada keadaan stres, salah satunya adalah kadar gula darah. Tanaman obat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah adalah seledri (Apium graveolens L.). Salah satu kandungan dari seledri yang efektif dalam menurunkan kadar gula darah adalah flavonoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak seledri (Apium graveolens L.) terhadap penurunan kadar gula darah tikus putih (Rattus norvegicus) jantan yang diinduksi stres listrik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan (posttest only control group). Sampel yang digunakan adalah 10 ekor tikus putih jantan galur wistar dibagi acak menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol adalah tikus yang diinduksi stres listrik selama 10 hari serta diberi pakan standar dan kelompok perlakuan adalah tikus yang diinduksi stres listrik selama 10 hari, diberi pakan standar dan diberi 50 mg/kgBB ekstrak seledri selama 10 hari. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata kadar gula darah tikus pada kelompok kontrol dan perlakuan sebelum dan sesudah perlakuan adalah (129,80±9,96 vs 128,60±7,67; 116,20±20,82 vs 47,20±6,34) dengan persentase penurunan (10,5% vs 63,3%). Hasil uji-t berpasangan didapatkan nilai p (p=0,068 vs p=0,000). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa seledri (Apium graveolens L.) efektif dalam menurunkan kadar gula darah akan tetapi perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dosis optimal seledri dalam menurunkan kadar gula darah. Kata kunci: Seledri (Apium graveolens L.), Flavonoid, Kadar Gula Darah, Stres

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK PEMBERIAN INFUSA DAUN SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI DENGAN ALOKSAN (Kiky Moelviani, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT SERUM TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI STRES LISTRIK (Muharrani, 2016)

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (Wira Stary Rukmana, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH CAIR TAHU DAN PEMBERIAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR FLAVONOID PADA SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) (CUT PUTRI AMALYA, 2017)

KUALITAS SPERMATOZOA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) DIABETES MELITUS SETELAH DITERAPI DENGAN EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) (Elsa Suarni, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy