//

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI KELAS X SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nanda Silvia Mutia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: model project based learning, larutan elektolit dan nonelektrolit. Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di Kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas, ketuntasan hasil belajar, penilaian proyek, sikap, keterampilan dan tanggapan siswa terhadap penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan subjek penelitian siswa kelas X MIA-1 dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar, penilaian proyek, sikap, keterampilan dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa sangat baik dengan persentase pada pertemuan pertama mencapai 88,5% dan pertemuan kedua mencapai 88,0%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang diperoleh dari 50% nilai tes dan 50% nilai tugas proyek adalah 90% dengan nilai KKM ditetapkan 76. Persentase rata-rata penilaian sikap siswa dengan kriteria sangat baik mencapai 55,0%, baik 35,0% dan cukup 10,0% sementara penilaian keterampilan dengan kriteria sangat baik mencapai 55,0% dan baik 45,0%. Hasil tanggapan positif siswa terhadap penerapan PjBL mencapai 84,38%. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas, hasil belajar, proyek, sikap, keterampilan dan tanggapan siswa, maka penerapan model PjBL dapat menuntaskan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI KELAS X MIA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Lailatul Qadri, 2016)

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING RNPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X (Feri Safrina, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT PADA SISWA KELAS XI SMKN 5 TELKOM BANDA ACEH (Ika Kurnia Ananda, 2014)

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI MTSN KUTA BARO (Masykur, 2017)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASEDLEARNING (PJBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Maulizar, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy