//

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rosnita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: pengaruh, Student Facilitator And Explaining, hasil belajar, IPS Terpadu Pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining merupakan suatu model pembelajaran dimana siswa mempresentasikan ide atau pendapat pada siswa lainnya. Penelitian ini dilakukan di MTsN Tungkob Aceh Besar pada materi lingkungan hidup. Rumusan masalah penelitian ini apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VIII MTsN Tungkob Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII MTsN Tungkob Aceh Besar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Tungkob yang terdiri atas 6 kelas yang berjumlah 168 siswa, adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan VIII4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Metode pengambilan sampel penelitian ini diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui soal pre-test dan post-test, teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa = 2,67 dan  = 1,68, berarti  >  dengan demikian H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang positif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII MTsN Tungkob Aceh Besar pada materi lingkungan hidup.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA N 8 BANDA ACEH (Juli Melya Sari, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 INGIN JAYA (Edi Yuswar, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVENMENT DIVISION DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII MTSN 2 ACEH BESAR (Syafawi Jamil Berkat, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Mega Novita Sari, 2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Munadia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy