//

CARA MENGAJAR GURU PPL PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MEMFASILITASI GAYA BELAJAR SISWA RSBI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Fajriah - Personal Name
SubjectTEACHING
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Cara mengajar dan gaya belajar Gaya belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dalam hal ini gaya belajar juga termasuk faktor penunjang belajar yang penting. Gaya belajar merupakan kombinasi dari bagaimana seseorang menyerap, mengatur dan mengolah informasi. Penelitian ini berkaitan dengan cara mengajar guru PPL pelajaran matematika dalam memfasilitasi gaya belajar siswa, antara lain gaya belajar tipe visual, auditori, dan kinestetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengajar guru PPL pelajaran matematika dalam memfasilitasi gaya belajar siswa RSBI SMP Negeri 1 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah 1 guru PPL pelajaran matematika dan 53 siswa RSBI kelas VIII SMP negeri 1 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan mengajar guru, angket gaya belajar siswa, soal tes, dan wawancara. Lembar observasi mengajar guru, hasil tes, dan hasil wawancara dianalisis secara deskriptif dan hasil angket gaya belajar siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Dari pengolahan data diketahui bahwa cara mengajar guru matematika adalah campuran dominan antara visual dan auditori. Kecenderungan gaya belajar siswa RSBI SMP Negeri 1 Banda Aceh Adalah 41,51% tipe visual, 30,19% tipe auditori, dan 28,30% tipe kinestetik. Ketuntasan yang dicapai secara klasikal sebanyak 60,38%. Ketuntasan yang dicapai siswa tipe visual sebanyak 72,72%, siswa tipe auditori sebanyak 62,5%, dan siswa tipe kinestik sebanyak 40% dengan rata-rata nilai untuk tipe visual sebanyak 81,45, tipe auditori sebanyak 79,06, dan tipe kinestetik sebanyak 76,27. Berdasarkan hasil wawancara dan respon dari siswa, hampir semua siswa tipe visual sangat menyukai cara mengajar guru matematika dan sebagian dari siswa tipe auditori juga menyukai tapi hanya sebagian kecil siswa tipe kinestetik yang menyukai cara mengajar guru PPL pelajaran matematika di kelas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK (Safaruddin, 2014)

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNDTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 PULO ACEH (Fatimah, 2015)

ANALISIS TES MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Suri Khairah, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (IIN ZIKRA MAULIDA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy