//

EVALUASI KERUSAKAN JALAN TENGKU HASAN DIBAKOI RNSEBAGAI PENENTUAN PENANGANANRNPERBAIKAN JALAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ari Safutra - Personal Name
SubjectROAD MANTENANCE
ROAD ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jalan raya merupakan prasarana transportasi yang penting dalam bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya yang dapat dipergunakan untuk memajukan kemakmuran rakyat salah satunya yaitu Jalan Tengku Hasan Dibakoi. Jalan Tengku Hasan Dibakoi merupakan jalan Kolektor dengan kelas jalan IIIA, jalan ini juga akses yang dapat digunakan untuk menuju PDAM Tirta Mountala. Banyaknya mobilitas kendaraan yang melewati jalan ini menyebabkan volume lalu lintas tinggi, sehingga menimbulkan berbagai permasalahan yang terjadi pada badan jalan sebagai prasarana transportasi. Permasalahan itu dapat berupa kerusakan pada badan jalan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan kajian untuk mengevaluasi kerusakan jalan tersebut sehingga dapat ditentukan proses pemiliharan yang sesuai. Metode Bina Marga telah diaplikasikan pada penelitian ini untuk menentukan tingkat kerusakan jalan dan memilih metode yang cocok untuk menanganinya. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kerusakan dan tingkat kerusakan yang terjadi pada badan jalan serta menentukan jenis pemeliharaan . Metode Bina Marga merupakan salah satu metode yang sering digunakan untuk mengevaluasi kondisi jalan khususnya di Indonesia. Kajian tingkat kerusakan jalan telah dilakukan dengan membagi Jalan Tengku Hasan Dibakoi dengan panjang 3,228 km menjadi 6 segmen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa segmen 1 dan 4 merupakan bagian jalan yang mengalami tingkat kerusakan tertinggi dengan nilai UP (Urutan Prioritas) diantara 4 sampai 6 sehingga jenis penanganan yang dilakukan adalah pemeliharaan berkala. Sedangkan pada segmen 2, 3, 5 dan 6 didapat nilai UP >7 penanganan yang dapat dilakukan yaitu berupa pemeliharaan rutin. Informasi ini dapat digunakan oleh instansi terkait sebagai upaya yang dapat dilakukan un tuk memelihara jalan tersebut. Kata Kunci: Bina Marga, kerusakan jalan, Urutan Prioritas, pemeliharaan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KERUSAKAN JALAN TENGKU HASAN DIBAKOI RNSEBAGAI PENENTUAN PENANGANANRNPERBAIKAN JALAN (Ari Safutra, 2015)

STUDI EVALUASI KERUSAKAN JALAN YANG MENGKOMBINASIKAN NILAI SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DENGAN NILAI INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) UNTUKRN MENUNJANG PENGAMBILAN KEPUTUSANRN(STUDI KASUS : JALAN NASIONAL RUAS CALANG - TEUNOM KM.150 S/D KM.157) (eka minarti, 2014)

EVALUASI KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) (STUDI KASUS JALAN TENGKU CHIK BA KURMA, KABUPATEN ACEH BESAR) (Abdi Azizul Hakim, 2017)

SISTEM INFORMASI PENILAIAN KONDISI JALAN BERBASIS APLIKASI WEB (Teuku Zakiul Hanif, 2015)

EVALUASI KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SERTA ALTERNATIF PENANGANANNYA (STUDI KASUS RUAS JALAN BEUREUNUEN – BATAS KEUMALA) (YUSWARDI RAMLI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.