//

EVALUASI KERUSAKAN JALAN UNTUK MENENTUKAN JENIS RNPENANGANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCIRNSTUDI KASUS JALAN TENGKU HASAN DIBAKOI RNKABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfian Is - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jalan Tengku Hasan Dibakoi merupakan salah satu jalan yang digunakan masyarakat Aceh Besar, khususnya masyarakat Kecamatan Ingin Jaya dan masyarakat Kecamatan Kuta Baro. Penurunan tingkat pelayanan pada jalan Tengku Hasan Dibakoi ditandai dengan berkurangnya tingkat kenyamanan pengguna jalan saat berkendara yang disebabkan oleh jalan itu sendiri. Faktor yang menyebabkan kerusakan jalan diantaranya pergerakan lalu lintas yang tinggi, sistem drainase yang buruk sehingga menyebabkan genangan air diatas badan jalan, kesalahan pada saat pengerjaan dan penyebab -penyebab lainnya. Adapun tujuan dari penelitian ini berupa mengidentifikasi jenis kerusakan yang terjadi pada badan jalan, mengidentifikasi tingkat kerusakan badan jalan dan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pada badan jalan dengan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index). Berdasarkan hasil analisis pada jalan Tengku Hasan Dibakoi dengan metode PCI dari Sta 0+000 – Sta 3+228 sepanjang 3,228 km terdapat 21 unit sampel kerusakan jalan. Diketahui jenis-jenis kerusakan dan total nilai tiap kerusakan adalah amblas (depression) 18,13 m 2 , alur (rutting) 65,88 m 2 , bahu turun (lane/shoulder drop-off) 2,44 m 2 , retak kulit buaya (alligator crack) 16,60 m 2 , pelepasan butir (weathering/raveling) 22,75 m 2 , lubang (potholes) 58,19 m 2 dan tambalan (patching) 11,76 m 2 dengan tingkat kerusakan yang terjadi L = low /rendah terdapat 2 unit sampel kerusakan, M = medium/sedang terdapat 4 unit sampel kerusakan dan H = high/tinggi terdapat 6 unit sampel kerusakan. Berdasarkan nilai PCI yang telah dihitung diketahui kondisi jalan buruk (poor) dengan nilai PCI rata-rata 31,5%, ini menunjukan bahwa perbaikan dilakukan dengan cara peningkatan jalan. Kata Kunci: jenis kerusakan jalan, penanganan kerusakan jalan, metode PCI.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KERUSAKAN JALAN TENGKU HASAN DIBAKOI RNSEBAGAI PENENTUAN PENANGANANRNPERBAIKAN JALAN (Ari Safutra, 2015)

EVALUASI KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) (STUDI KASUS JALAN TENGKU CHIK BA KURMA, KABUPATEN ACEH BESAR) (Abdi Azizul Hakim, 2017)

EVALUASI TERHADAP KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA (STUDI KASUS JALAN TENGKU CHIK BA KURMA, KABUPATEN ACEH BESAR) (Muchtaruddin, 2017)

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN LINTAS BAWAH(UNDERPASS) SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH (CUT SABRINA UTAMI, 2017)

PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP RNPEMBIAYAAN OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN JALAN RNDENGAN CONTINGENT VALUATION METHODRN(STUDI KASUS : JL. TENGKU HASAN DESA BAKOY KAB. ACEH BESAR) (ALDINA FATIMAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.