//

GAMBARAN SELF CARE PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN THALASEMIA MAYOR DI RUANG SENTRAL THALASEMIA RSUD DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Adyanur - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 11 JULI 2015 Xiii + VI Bab + 58 Halaman + 6 Tabel + 1 Gambar + 1 Skema + 13 Lampiran ADYANUR 1307101020158 GAMBARAN SELF CARE PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN THALASEMIA MAYOR DI RUANG SENTRAL THALASEMIA RSUD dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Anak dengan thalasemia mayor cenderung mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan diri. Upaya pengobatan dan perawatan rutin harus diberikan namun upaya tersebut sangat berkaitan dengan kemampuan pasien dalam merawat diri (self care). Self care terdiri dari aktivitas/kegiatan yang dilakukan individu itu sendiri untuk kepentingannya dalam mempertahankan hidup, kesehatan, tumbuh kembang, dan kesejahteraan melalui suatu upaya untuk mengetahui pengaturan fungsi dan perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sellf care pada anak usia sekolah dengan thalasemia mayor di Ruang Sentral Thalasemia RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Desain penelitian ini adalah deskriptive dengan pendekatan cross sectional study. Populasinya adalah anak usia sekolah dengan thalasemia mayor. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling sebanyak 30 sampel. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk dichotomous choice. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terpimpin dengan berpedoman pada kuesioner. Pengumpulan data dilakukan pada 26 Juni s.d 06 Juli 2015. Hasil univariat diketahui bahwa anak thalasemia dengan thalasemia mayor memiliki self care kategori baik sebanyak 17 orang (56.7%), perawatan diri secara umum kategori baik sebanyak 16 orang (53.3%), perawatan diri terkait perkembangan individu kategori kurang sebanyak 17 orang (56.7%), dan perawatan diri terkait perubahan kesehatan kategori kurang sebanyak 18 orang (60.0%). Peneliti mengharapkan adanya peran serta dari semua pihak untuk memberikan informasi dan dukungan sosial kepada anak usia sekolah dengan thalasemia mayor sehingga anak dapat terus berpartisipasi dalam mempertahankan kehidupannya. Kata Kunci : Self care, Anak Usia Sekolah, Thalasemia Mayor Daftar Bacaan : 14 buku (2001-2009), 8 bahan internet v

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI DENGAN PERTUMBUHAN LINIER ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FANINA RIZKIA, 2017)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA ANAK THALASEMIA BETA MAYOR DI BLUD RUMAH SAKIT ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SHABRINA, 2016)

HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL PENDERITA THALASEMIA USIA SEKOLAH DI SENTRAL THALASEMIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Siti Faizah, 2014)

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI TERHADAP PERKEMBANGAN SEKS SEKUNDER PADA ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUDZA BANDA ACEH (Fahmiati Arifna, 2017)

HUBUNGAN USIA DAN KUALITAS HIDUP TERHADAP SINDROM DEPRESI PADA PENDERITA THALASSEMIA BETA MAYOR DI INSTALASI SENTRAL THALASSEMIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (nasyirah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy