//

Rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ppkn DI MTsN Rukoh Darussalam

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Azhar - Personal Name
SubjectMOTIVATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : motivasi siswa, rendah, pelajaran PPkn Penelitian yang berjudul "Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PPkn (Suatu Penelitian pada MTsN Rukoh Darussalam Banda Aceh)". Ini mengangkat masalah faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa mata pelajaran PPKn serta bagaimana tanggapan siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran PPkn. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPkn dan untuk mengetahui tanggapan siswa dalam proses pembelajaran pada siswa MTsN Rukoh Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, sedangkan untuk pengumpulan data penulis menggunakan data sekunder yang berasal dari tinjauan kepustakaan dan data primer yang penulis dapatkan di lapangan dengan menggunakan teknik observasi dan penyebaran angket. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah para siswa-siswa dari kelas I, II dan III yang bersekolah di MTsN Rukoh Darussalam Banda Aceh. Hasil penelitian menjelaskan bahwa rendahnya motivasi siswa dalam mata pelajaran PPkn disebabkan oleh dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal seperti tidak ada kemauan dari siswa itu sendiri untuk belajar tanpa harus adanya pemaksaan dari pihak lain. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang timbul karena adanya pengaruh luar. Dalam hal ini yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar mata pelajaran PPkn siswa karena penggunaan metode yang digunakan guru kurang sesuai, penampilan guru yang kurang menarik, suasana kelas yang tidak nyaman dan teman di kelas yang kurang kompak, sehingga dengan faktor ini semua para siswa tidak termotivasi untuk mempelajari PPkn. Selanjutnya, tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran PPkn di MTsN Rukoh Banda Aceh adalah penguasaan materi oleh guru sudah baik, namun metode atau teknik dalam menyampaikan materi belum dapat membuat siswa termotivasi, sehingga para siswa masih rendah motivasi belajarnya dalam mata pelajaran PPkn.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN PKN DI MTSN RUKOH BANDA ACEH (Suryati, 2015)

PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2021/2013 (DEVI AGUSTINA, 2014)

HUBUNGAN PENDIDIKAN TERAKHIR ORANG TUA DAN MOTIVASIRNBELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKESRNPADA SISWA MTSN RUKOH TAHUN AJARAN 2014/2015 (ARIF MUAZZAN, 2015)

KONSTRIBUSI NILAI MATA PELAJARAN QUR'AN-HADIST TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DI MAN RUKOH DARUSSALAM BANDA ACEH (Ali Akbar, 2018)

PENGARUHPENGGUNAANMETODE PEMBELAJARAN TUNTAS TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWARNPADA MATA PELAJARANIPS TERPADURNKELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH (AINUL RAHMAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy