//

KAITAN JUMLAH SAMBARAN PETIR DAN CURAH HUJAN DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ISMI KHAIRATIH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Petir merupakan fenomena kelistrikan udara. Biasanya petir terjadi saat hujan terjadi. Namun, terkadang petir terjadi tapi hujan tidak terjadi dan sebaliknya hujan terjadi tapi petir tidak terjadi. Jenis petir di dalam penelitian ini adalah jenis petir Cloud to Ground (CG), karena jenis petir CG merupakan petir yang berdampak langsung dengan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara jumlah sambaran petir dan jumlah curah hujan di Provinsi Aceh. Data penelitian berupa jumlah sambaran petir dan jumlah curah hujan selama 5 (lima) tahun (2010 – 2014). Masing- masing data tersebut diperoleh dari 2 (dua) Stasiun yang berbeda, untuk data jumlah sambaran petir diperoleh dari Stasiun Geofisika Mata Ie dan untuk data jumlah curah hujan dari Stasiun Klimatologi Indrapuri. Data-data tersebut diolah menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel. Pola jumlah sambaran petir dan curah hujan dilihat rata-rata pertahun, yaitu tahun 2010, 2011, 2012, 2013, dan 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola sambaran petir di Provinsi Aceh mengikuti pola curah hujan di daerah tersebut. Hubungan antara sambaran petir dan curah hujan memiliki nilai korelasi sebesar R² = 0,0261. Sehingga, dapat kita simpulkan bahwa pola jumlah sambaran petir di Provinsi Aceh sepanjang tahun 2010 – 2014 mengikuti pola jumlah curah hujan di Provinsi Aceh, namun hubungan keduanya memiliki nilai korelasi yang sangat lemah. Kata Kunci : Petir, Curah Hujan, Petir Cloud to Ground (CG), Korelasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SAMBARAN PETIR BERDASARKAN LIGHTENING DETECTOR DI ACEH UTARA SELAMA TAHUN 2017 (Riska Nisfutri, 2018)

OPTIMALISASI PROTEKAI PETIR EKSTERNAL DENGAN MENGGUNAKAN COLLECTION VOLUME METHOD (STUDI KASUS DI GARDU INDUK BANDA ACEH) (Agustriadi, 2014)

PENERAPAN FUNGSI TRANSFER DALAM MERAMALKAN CURAH HUJAN DI PROVINSI ACEH (AINUR MARZIAH, 2018)

HUBUNGAN NILAI DIPOLE MODE TERHADAP CURAH HUJAN DI ACEH BESAR (wardi, 2013)

PERENCANAAN SUMURAN (SUMP) PADA SISTEM PENYALIRAN TAMBANG TERBUKA DI PIT IV TAMBANG BATUBARA PT. BARA ENERGI LESTARI, KABUPATEN NAGAN RAYA, ACEH (Dara Lidayul Masha, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy