//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEVI AULIA RACHMAYATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : guided discovery learning, pembelajaran, kemampuan berpikir kritis Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learninguntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor di SMP Negeri 7 Banda Aceh”ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, kemampuan berpikir kritis siswa serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran guided discovery learning dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa- siswi kelas VII-4 SMP Negeri 7 Banda Aceh tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran guided discovery learning pada konsep suhu dan kalor. Pendekatan yangdigunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistikdeskriptif, sedangkanjenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, tes kemampuan berpikir kritis siswa, dan lembar respon siswa terhadap pembelajaran. Keempat instrumen dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil analisis berdasarkan data pengamatan aktivitas guru dan siswa menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery learningdapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa di dalam pembelajaran dengan adanya penerapan model pembelajaran guided discovery learningpembelajaran menjadi terpusat pada siswa.Berdasarkan data pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran guided discovery learningmenunjukkan peningkatan secara berturut-turut dari siklus I hingga siklus III yaitu 2,75 (baik), 3,38 (baik), 3,84 (sangat baik). Berdasarkan lembar respon siswa diperoleh respon yang positif terhadap penerapan model pembelajaran guided discovery learningdi dalam pembelajaran, 97,2% siswa merasa senang dan lebih mudah memahami materi pembelajaran. Berdasarkan tes kemampuan berpikir kritis siswa mennjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I diperoleh 78% (kritis), siklus II diperoleh 77,25% (kritis), dan pada siklus III diperoleh 84,96% (kritis sekali). Model pembelajaran guided discovery learningdapat dijadikan alternatif dalam pembelajran fisika di masa yang akan datang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BEASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 1 KAWAY XVI (Ahmad Farisi, 2017)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMPIT AL-AZHAR (Lia Devi, 2018)

PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH (DWI MIFTAKHUL JANNAH, 2018)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMPN 15 BANDA ACEH (Syarifah Suhayya, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP PESAWAT SEDERHANA DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Marliza, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy