//

ANALISIS KADAR KETENGIKAN (RANCIDITY) PRODUK IKAN KAYU SELAMA PENYIMPANAN PADA SUHU RUANG DENGAN METODE THIOBARBITURIC ACID

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yopan Martafora - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan terhadap kadar ketengikan (Rancidity) pada ikan kayu dengan penentuan angka Thiobarbituric Acid (TBA). Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah. Sampel yang digunakan sebanyak 500 gram yang dibagi dalam 5 kelompok perlakuan yaitu penyimpanan ikan kayu selama 1 hari, 15 hari, 30 hari, 45 hari dan 60 hari. Penentuan angka TBA dengan melihat oksidasi lemak menggunakan spektrofotometer. Data dianalisis dengan Analisis Varian (ANAVA). Hasil penelitian pengukuran kadar ketengikan ikan kayu dengan penentuan angka TBA menunjukkan rata-rata kadar ketengikan ikan kayu selama penyimpanan 1, 15, 30, 45 dan 60 hari secara berurutan adalah 0,433, 0,540, 0,764, 0,997, dan 1,505. Uji Duncan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara semua kelompok perlakuan, kecuali pada kelompok perlakuan P0 dan P1. Disimpulkan bahwa lama penyimpanan ikan kayu berpengaruh terhadap peningkatan angka TBA dan Angka TBA dengan penyimpanan ikan kayu selama 60 hari (

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DETEKSI KETENGIKAN (RANCIDITY) DENDENG SELAMA PENYIMPANAN PADA SUHU RUANG DENGAN METODE THIOBARBITURIC ACID (Maghfirah Zuhra, 2016)

ANALISIS KADAR KETENGIKAN (RANCIDITY) PADA ABON IKAN TUNA (THUNNUS ALALUNGA) DENGAN PENENTUAN ANGKA ASAM THIOBARBITURAT (Indra MS Nurakmal Hadi, 2015)

PENGARUH LAMANYA WAKTU PENYIMPANAN TERHADAP KADAR PROTEIN PADA PRODUK IKAN KAYU DI LAMPULO, BANDA ACEH (Shinta Sofianti, S.KH, 2016)

PENGARUH EDIBLE COATING DARI KITOSAN DENGAN KONSENTRASI BERBEDA TERHADAP KEUMAMAH SELAMA MASA PENYIMPANAN (, 2018)

PENENTUAN KADAR FORMALDEHID DALAM IKAN KERAPU MACAN (EPINEPHELUS FUSCOGUTTATUS)PADA PENYIMPANAN SUHU KAMAR MENGGUNAKAN ASAM TRIKLORO ASETAT (TCA) SEBAGAI EKSTRAKTAN (HENNY ELISA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy