//

PEMANFAATAN ENERGI SURYA UNTUK DAYA-DAYA TERPAKAI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKI WISUDA ARIF - Personal Name

Abstrak/Catatan

Krisis bahan bakar menjadi perdebatan karena jumlahnya yang menipis. Hal ini disebabkan karena bahan bakar yang umum dipakai sekarang bersumber dari bahan yang tidak terbarukan. Disisi lain banyak terdapat daerah-daerah terpencil yang tidak memiliki jaringan listrik. Fenomena ini memunculkan ide penciptaan energi terbarukan pengganti bahan bakar fosil Salah satunya solar cell. Dibandikan energi listrik yang menggunakan bahan bakar fosil ada beberapa keuntungan menggunakan solar cell, yaitu solar cell ramah lingkungan, biaya pemeliharaannya sangat rendah karena tidak ada bagian yang berputar, masa pemakainya panjang mencapai 25 sampai 30 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengajak masyarakat agar menggunakan solar cell sebagai pengganti listrik terutama untuk masyarakat yang tidak memiliki jaringan listrik di desa mereka. Penelitian ini juga melakukan analisa dan pengukuran dari intensitas cahaya matahari terhadap tegangan yang di hasilkan oleh solar cell dan menentukan berapa lama tegangan maksimal yang di hasilkan oleh solar cell dengan outputnya. Ada 3 metode pengujian yang dilakukan, yaitu pertama menggunakan kipas angin 45 Watt, kedua menggunakan lampu neon 45 Watt, dan yang ketiga menggunakan TV 21 inchi 72 Watt. Pada penelitian pertama baterai yang terisi berkapasitas 13.66 Volt dapat menyalakan kipas angin selama 240 menit, pada penelitian kedua baterai yang terisi berkapasitas 13.60 Volt dapat menyalakan TV selama 90 menit, pada penelitian yang ketiga baterai terisi berkapasitas 13.58 Volt dan dapat menyalakan lampu selama 250 menit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN SISTEM MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN METODE HILL CLIMBING (Azhar Gunawan, 2015)

DESAIN PROTOTYPE SEL SURYA TERKONSENTRASI MENGGUNAKAN LENSA FRESNEL (Aulia Syahbanna A, 2017)

PENGUKURAN UNJUK KERJA SISTEM POMPA AIR TENAGA SURYA (Arif Yaddin, 2014)

PERAKITAN SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) PANEL SEL SURYA SOLAR CELL-60 WATT (Noval, 2015)

ANALISA POTENSI ENERGI SURYA UNTUK ENERGI LISTRIK BANDA ACEH DAN SEKITARNYA (Bayu Alif Satari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy