//

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ESCHERICHIA COLI PADA ORGAN IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO) DARI BEBERAPA PET SHOP DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kamaliatur Rizki - Personal Name

Abstrak/Catatan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI Escherichia coli PADA ORGAN IKAN KOI (Cyprinus carpio) DARI BEBERAPA PET SHOP DI KOTA BANDA ACEH ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengisolasi dan identifikasi Escherichia coli yang diduga sebagai penyebab kematian ikan koi dibeberapa pet shop di kota Banda Aceh. Sebanyak 15 ekor sampel ikan koi yang telah mati diperiksa di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Sampel terdiri dari organ hati, limpa, dan ginjal ikan koi untuk selanjutnya diuji berdasarkan metode Carter. Organ ikan koi dihaluskan dan diswab. Selanjutnya dimasukkan dalam media Nutrient Broth (NB) dan inkubasi pada suhu 37ºC selama 24 jam. Kemudian dengan menggunakan ose steril, biakan dipindahkan ke media Mac Conkey’s (MC) dan Eosin Methylene Blue (EMB) agar. Bakteri yang tumbuh diamati morfologi koloninya dan dilakukan pewarnaan Gram untuk memastikan bahwa bakteri tersebut termasuk dalam kelompok bakteri Gram negatif. Identifikasi lebih lanjut dilakukan dengan membiakkan bakteri pada media IMViC dan beberapa tes gula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7 dari 15 sampel ikan koi yang diteliti positif terinfeksi Escherichia coli.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI AEROMONAS SP PADA IKAN MAS KOKI (CARRASIUS AURATUS) DARI BEBERAPA PET SHOP DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Zulfan, 2016)

PENGARUH WARNA LAMPU YANG BERBEDA TERHADAP PERILAKU CYPRINUS CARPIO (Melisa, 2016)

PENGARUH EKSTRAKRNSARANG SEMUT (HYDNOPHYTUM FORMICARUM JACK) TERHADAP DAYA TETAS TELUR RNIKAN MAS (CYPRINUS CARPIO) (Reza Putra, 2015)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA VAGINA SAPI ACEH (Dian Zahlina, 2018)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ESCHERICHIA COLI PADA AYAM PANGGANG DI BEBERAPA RUMAH MAKAN DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Nevi Frilly Ulfah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy