//

PERBANDINGAN PEMBERIAN CAIRAN INFUS NACL 0,9% DAN RINGER LAKTAT TERHADAP PERUBAHAN KADAR ELEKTROLIT PADA OPERASI TRANSURETHRAL RESECTION OF PROSTATE (TURP)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmanizar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perubahan kadar elektrolit terutama natrium dapat terjadi pada operasi Transurethral Resection of Prosate (TURP) akibat absorpsi cairan irigasi sehingga diperlukan pemilihan cairan infus intraoperatif yang tepat untuk menjaga keseimbangan elektrolit pasien. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penggunaan cairan infus NaCl 0,9% dan Ringer Laktat (RL) terhadap perubahan kadar elektrolit pada operasi TURP. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan desain cross-sectional yang melibatkan 28 pasien yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok yang mendapat NaCl 0,9% dan kelompok RL. Pemeriksaan elektrolit dilakukan 2 kali yaitu 1 hari sebelum operasi dan maksimal 6 jam setelah operasi. Hasil uji t-test berpasangan menunjukkan pada kedua kelompok terjadi penurunan natrium dan peningkatan kalium yang signifikan. Tidak ada perubahan klorida yang bermakna pada kedua kelompok. Hasil uji t-test tidak berpasangan menunjukkan terdapat perbedaan kadar elektrolit postoperatif natrium dan klorida yang bermakna antara pemberian kedua cairan (p Na 0,027; p Cl 0,040), sedangkan pada perubahan kadar kalium tidak ada perbedaan yang bermakna di antara kedua kelompok (p 0,661). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan natrium dan klorida yang bermakna antara pasien yang mendapat cairan infus NaCl 0,9% dan pasien yang mendapat cairan infus RL, sedangkan pada kadar kalium tidak ada perbedaan yang bermakna di antara kedua kelompok.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERUBAHAN KADAR ELEKTROLIT PASCA PEMBERIAN NACL 0,9 % DIBANDINGKAN RINGER LAKTAT PADA PASIEN LAPAROTOMI DI RSUDZA BANDA ACEH (Farah Dina, 2015)

PERBEDAAN KENAIKAN MEAN ARTERIAL PRESSURE PADA PEMBERIAN CAIRAN KRISTALOID DAN KOLOID PADA PASIEN OPERASI ORTOPEDI (Alde Aris, 2015)

HUBUNGAN TEHNIK ASEPTIK PADA PEMASANGAN INFUS DENGAN KEJADIAN FLEBITIS PADA ANAK YANG MENDAPATKAN TERAPI CAIRAN DI RUANG RAWAT INAP SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ELI YANA, 2016)

POLA PENYAKIT PROSTAT BERDASARKAN GAMBARAN HISTOPATOLOGI DI INSTALASI PATOLOGI ANATOMI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Diah Pratiwi, 2015)

PERAN KADAR BERSIHAN LAKTAT SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS SEPULUH HARI PERTAMA PADA PASIEN SEPSIS BERAT DI RSUD. DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Maulina Debbyousha, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy