//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINDAKAN RNBULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH RNDI SEKOLAH DASAR KECAMATAN RNSYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EVA PURNAMA SARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 23 Juni 2015 xv + VI Bab + 83 halaman + 13 tabel + 1 skema + 20 lampiran EVA PURNAMA SARI 1107101020044 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINDAKAN BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH ABSTRAK Bullying merupakan salah satu tindakan kekerasan yang sering terjadi di lingkungan sekolah. Kasus bullying di Indonesia yang terjadi di sekolah dari tahun 2011 sampai 2014 tercatat sebanyak 1.480 kasus. Faktor penyebab tindakan bullying perlu di identifikasi untuk mencegah tingginya angka bullying di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan bullying pada anak usia sekolah di Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelatif melalui pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia sekolah kelas IV dan V dari 11 Sekolah Dasar di Kecamatan Syiah Kuala. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 94 responden. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan pada tanggal 22 Mei sampai dengan 6 Juni 2015. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang terdiri dari 22 item pertanyaan untuk variabel faktor-faktor yang memperngaruhi tindakan bullying, dan 8 item pernyataan untuk variabel tindakan bullying dalam bentuk skala likert dengan cara ukur wawancara terpimpin. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi Square (2x2) dengan Confidence Interval 95% (α = 0,05). Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan bullying pada anak usia sekolah (P-value = 0,000). Ada hubungan antara faktor individu (P-value = 0,000), faktor keluarga (P-value = 0,000), faktor teman sebaya (P-value = 0,003), faktor sekolah (P-value = 0,048), faktor media (P-value = 0,042) dengan tindakan bullying pada anak usia sekolah. Diharapkan bagi pihak sekolah untuk meningkatkan pengawasan terhadap siswa, melakukan bimbingan etika, dan mencontohkan kepada siswa perilaku yang baik serta menghindari kekerasan di sekolah. Bagi orang tua diharapkan untuk mengawasi aktivitas yang dilakukan oleh anak dan mengontrol perkembangan anak. Kata kunci : Bullying, anak usia sekolah, faktor. Daftar bacaan : 19 buku + 3 skripsi + 12 Jurnal + 10 sumber online (2000-2014) MINISTRY OF RESEARCH, TECHNOLOGY AND HIGHER EDUCATION SYIAH KUALA UNIVERSITY FACULTY OF NURSING THESIS 23 June 2015 xv + VI Chapters + 83 pages + 13 tables + 1 scheme + 20 appendices EVA PURNAMA SARI 1107101020044 THE FACTORS INFLUENCING BULLYING ACTIONS AT SCHOOL-AGE CHILDREN IN ELEMENTARY SCHOOLS OF SYIAH KUALA SUBDISTRICT IN BANDA ACEH ABSTRACT Bullying is one of the violent actions that frequently occurs in school environment. The bullying cases in Indonesia existing at schools from 2011 to 2014 were recorded for 1.480 cases. The causing factors of bullying actions need to be identified in order to prevent the high number of bullying at schools. The objective of this research was to find out the relation of factors which influence bullying actions at school-age children in Elementary Schools of Syiah Kuala Subdistrict in Banda Aceh. The design of research used was descriptive and correlational through a cross sectional study approach. The population of this research was school-age children of Grade IV and V from 11 Elemantty Schools in Syiah Kuala Subdistrict. The selection of sample carried out through the technique of purposive sampling with the total sample of 94 respondents. The collection of data in this research was conducted on May 22 until June 6, 2015. The instrument of data collections was questionnaires consisting of 22 questions items for a variable of the factors influencing bullying actions, and 8 questions items for a variable of bullying actions. The questionnaires were designed in likert scale with guided interview as a way to measure. Statistical test used was Chi Square test (2x2) with Confidence Interval of 95% (α = 0,05). The results of data analysis showed that there was a relation on factors that influence bullying actions at school-age children (P-value = 0,000). There was relation among an individual factor (P-value = 0,000), familial factor (P-value = 0,000), a peer factor (P-value = 0,003), a school factor (P-value = 0,048), media factor (P-value = 0,042) to bullying actions at school-aged children. School personnel are expected to increase a supervision to the students, to conduct an ethical counseling, and to provide an example of good attitudes, also to avoid the use of violence at schools. The parents are also expected to monitor the children activities and to control their development. Key words : Bullying, school-aged children, factors. References : 19 books + 3 theses + 12 journals + 10 online sources (2000-2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) DAN SEKOLAH DASAR NEGERI DI BANDA ACEH (MUTIA SALMA, 2019)

HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI 69 KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (IRA SAPUTRI, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINDAKAN RNBULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH RNDI SEKOLAH DASAR KECAMATAN RNSYIAH KUALA BANDA ACEH (EVA PURNAMA SARI, 2015)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU JAJAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI 54 YAYASAN TAHIJA BANDA ACEH TAHUN 2013 (fera ariantika, 2014)

PERAN KELUARGA DALAM PEMBINAAN BUDI PEKERTI ANAK USIA SEKOLAH DASAR (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR) (Agus Yunita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy