//

ISOLASI BAKTERI ASAM LAKTAT GENUS ENTEROCOCCUS DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BINATANG BUKITTINGGIRN SUMATERA BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Een Maulidia Rahman - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi bakteri asam laktat (BAL) genus Enterococcus dari feses Orangutan Sumatera. Sampel penelitian yang digunakan berupa feses segar yang berasal dari dua orangutan di Kebun Binatang Bukittinggi Sumatera Barat. Isolasi BAL dilakukan dengan metode sebar yaitu menggunakan media spesifik MRSA (de Man Rogosa Sharpe Agar). Identifikasi isolat yang diperoleh selanjutnya dilakukan serangkaian uji biokimia berdasarkan metode Carter dan Cole yang telah dimodifikasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat koloni BAL yang tergolong Enterococcus homofermentatif pada feses Orangutan Sumatera betina.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) GENUS LACTOBACILLUS DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BIANATANG KASANG KULIM BANGKINANG RIAU ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) GENUS LACTOBACILLUS DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BIANATANG KASANG KULIM BANGKINANG RIAU (LISA SYA BANIAR, 2017)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT GENUS LACTOBACILLUS SP DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) (Miftahul Jannah, 2016)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ENTERIK PATOGEN PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BINATANG KINANTAN BUKITTINGGI (ORYONA ROMADHON, 2015)

ISOLASI BAKTERI ASAM LAKTAT GENUS ENTEROCOCCUS DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BINATANG BUKITTINGGIRN SUMATERA BARAT (Een Maulidia Rahman, 2015)

ANALISIS HOMOLOGI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) BERDASARKAN GEN 16S RRNA (NURJANNAH PANJAITAN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy