//

KAJIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PEMILIK DALAM MEWASPADAI GIGITAN ANJING HEWAN PENULAR RABIES (HPR) DI EMPAT KECAMATAN KOTA JAMBI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hardianti Purnama Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi tentang tingkat pengetahuan, sikap dan tindakan pemilik dalam mewaspadai gigitan anjing sebagai Hewan Penular Rabies (HPR) di dalam empat kecamatan di Kota Jambi. Penelitian dilakukan menggunakan teknik survei dengan wawancara menggunakan kuisioner terstruktur Tiap kecamatan diambil 25 orang responden sebagai sampel, responden dipilih menggunakan metode purpossive sampling. Kecamatan yang dijandikan sampel dibagi menjadi dua kategori yaitu, kecamatan dengan kategori kasus gigitan HPR tinggi (Telanaipura dan Kota Baru) dan kasus gigitan HPR rendah (Danau Teluk dan Pelayangan). Terhadap para responden diwawancarai dengan pertanyaan bersifat umum dan yang bersifat khusus terkait pengetahuan, sikap dan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan responden di kecamatan dengan kasus gigitan anjing tinggi dalam kategori sedang (68%) di kecamatan dengan dengan kasus gigitan anjing rendah (60%). Sikap responden di kecamatan dengan kasus HPR tinggi dalam kategori baik (92%) begitu pula di kecamatan dengan kasus gigitan anjing rendah (98%). Tindakan responden di kecamatan dengan kasus gigitan anjing tinggi dalam kategori baik (52%) dan tindakan responden di kecamatan dengan kasus gigitan anjing rendah juga dalam kategori baik (92%). Disimpulkan bahwa secara umum tingkat pengetahuan, sikap dan tindakan pemilik baik dalam mewaspadai gigitan anjing di Kecamatan dengan kasus gigitan anjing tinggi dan rendah di Kota Jambi dalam kategori baik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP PENCEGAHAN PENYAKIT RABIES DI KECAMATAN KUTA PANJANG KABUPATEN GAYO LUES (Saiful, 2018)

PERBEDAAN PENYAMPAIAN INFORMASI ANTARA MEDIA LEAFLET DAN PENYULUHAN TERHADAP KEWASPADAAN GIGITAN ANJING PENULAR RABIES PADA SISWA SMP DI KABUPATEN BENER MERIAH (WILDA HANIFA, 2018)

STUDI KETERKAITAN SOSIO-DEMOGRAFI PEMILIK DAN SOSIO-EKOLOGI ANJING DENGAN PENINGKATAN KASUS GIGITAN BERPOTENSI RABIES DI KABUPATEN BENER MERIAH (Agus Nurza Zulkarnain, 2016)

PERKIRAAN POTENSI GIGITAN ANJING DAN TINGKAT KESADARAN DENGAN PARTISIPASI PEMILIK TERHADAP PENGENDALIAN RABIES DI KECAMATAN PADANG GANTING (Taufikah Rahmah, 2016)

PENGETAHUAN PENATALAKSANAAN GIGITAN HEWAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Dedi Purwanda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy