//

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN PATIN (PANGASIUS SP.) YANG DI BUDIDAYA SECARA MONOKULTUR DAN POLIKULTUR DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ismail - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis-jenis ektoparasit dan mengetahui nilai prevalensi, intensitas dan dominasi tiap jenis ektoparasit yang menyerang ikan patin yang di budidaya secara monokultur dan polikultur di Kabupaten Aceh Besar. Sebanyak 60 ikan sampel digunakan dalam penelitian, 30 ekor yang berasal kolam monokultur dan 30 ekor dari kolam polikultur. Pemeriksaan ektoparasit dilakukan dengan cara mikroskopis dengan metode preparat ulas (smear methods). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 30 ekor ikan dari kolam budidaya polikultur terinfeksi ektoparasit, dengan demikian prevalensi ektoparasit pada ikan dari kolam polikultur adalah 100%. Sedangkan dari kolam budidaya monokultur sebanyak 22 ekor yang terserang oleh parasite dengan prevalensi 73.3%. Jenis-jenis ektoparasit yang menginfeksi pada ikan patin adalah Gyrodactylus sp. dan Trichodina sp. Jenis-jenis ektoparasit yang menginfeksi pada ikan patin adalah Gyrodactylus sp. dari golongan Monogenea dan Trichodina sp. dari golongan Protozoa. Pada ikan patin yang di budidayakan secara monokultur dan polikultur didominasi oleh jenis Gyrodactylus sp. Semua organ yang diperiksa terserang oleh ektoparasit, organ yang paling sering terserang insang. Kata kunci:Ektoparasit, ikanpatin, polikulturdanmonokultur,

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN PATIN (PANGASIUS SPP.) DI TAMBAK BUDIDAYA IKAN DESA LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR (Dessi Wildani, 2017)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN BAWAL AIR TAWAR (COLOSSOMA SP.) DAN IKAN PATINRN(PANGASIUS SP.) PADA KOLAM TANAH DI DESA NYA KECAMATAN SIMPANG TIGA ACEH BESAR (Salmijah, 2014)

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN PARI (DASYATIS SP.) DI PASAR IKAN PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Arini Ulfa Khaira, 2016)

INVENTARISASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN GURAMI (OSPHRONEMUS GOURAMY) DI KECAMATAN SIMPANG TIGA, KABUPATEN ACEH BESAR (MUNIZAR, 2015)

PENGARUH EKSTRAKMETANOLTUMBUHANRNPATIKAN KEBO(EUPHORBIA HIRTAL.) TERHADAPRNDAYA TETAS TELUR IKAN PATIN (PANGASIUS SP.) (Ayu Riska Faunanda, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy