//

IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK JEMBATAN LAMNYONG MENGGUNAKAN METODE GROUND PENETRATING RADAR (GPR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zakia Masrurah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian metode Ground Penetrating Radar di jembatan Lamnyong, Lamnyong Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi karakteristik jembatan Lamnyong berdasarkan gelombang elektromagnetik kemudian ditentukan nilai permitivitas listriknya. Alat yang digunakan pada penelitian ini adalah IDS RIS 80 MHz dan RAMAC 800 MHz. Lintasan pengukurannya di mulai dari arah Lamnyong menuju daruslam, frekuensi 80 MHz digunakan untuk 4 lintasan dengan panjang masing-masing 50 m dan 4 lintasan memotong jembatan dengan panjang masing-masing 8 m. Frekuensi 800 MHz digunakan untuk 2 lintasan dengan panjang 27 m dan 1 lintasan memotong jembatan dengan panjang 4 m. Data yang didapatkan di olah dengan software reflec2Dquick. Berdasarkan data yang diperoleh, ditemukan respon gelombang elektromagnetik dengan reflektor pola hiperbola yang merambat melalui media aspal dengan V 0,150 m/ns dan εr14,1 , beton dengan V 0,110 m/ns dan εr16,5, Clay dengan V 0,110 m/ns dan εr16,5, dan Udara dengan V 0,300 m/ns dan εr3,1. Reflektor miring yang terdapat pada data merupakan penurunan kepela jembatan (Oprit). Kata Kunci: ground penetrating radar, gelombang elektromagnetik, jembatan, permitivitas listrik, oprit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI STRUKTUR SEDIMENTASI DI AREA PERSAWAHAN DENGAN METODE GROUND PENETRATING RADAR DI GAMPONG RUMPET, ACEH BESAR (Shaunul Hardi, 2016)

IDENTIFIKASI STRUKTUR PATAHAN DANGKAL MENGGUNAKAN METODE GROUND PENETRATING RADAR (GPR) DI GAMPONG PANGWA KECAMATAN TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA (Ayu Safrida, 2018)

STUDI GROUND PENETRATING RADAR (GPR) PADA BEBERAPA MEDIUM (MUTTAQIN, 2015)

APLIKASI METODE GEORADAR UNTUK ANALISIS LAPISAN SEDIMEN BAWAH PERMUKAAN DI SUAK SEUKE DAN SUAK PANTE BREUH, SAMATIGA, ACEH BARAT (Rio Indra Sakti Pasaribu, 2019)

ANALISIS GELOMBANG GEORADAR UNTUK SSTUDI PERLAPISAN SEDIMEN PANTAI LAMPANAH LEUNGAH, ACEH BESAR (BUKHORI MAHA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy