//

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ida Nursanty - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

Operasi pecahan merupakan salah satu materi pokok dalam matematika. Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi ini, apalagi konsep materi operasi pecahan bukanlah materi hafalan, dikhawatirkan akan mengalami kesulitan dalam memahami dan mencapai ketuntasan materi selanjutnya. Salah satu pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa dalam membangun sendiri pemahamannya adalah pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Inilah alasan penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Operasi Pecahan di Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui diterapkannya pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi operasi pecahan di kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 3 Banda Aceh sebanyak 34 siswa. Ketercapaian penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning didasarkan pada tes hasil belajar, soal yang diberikan berbentuk essay. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen dan rancangan penelitian one shot case study. Ketuntasan belajar secara klasikal pada materi operasi pecahan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning berdasarkan KKM yang ditetapkan sekolah SMP Negeri 3 Banda Aceh adalah sebanyak 28 siswa (82,35%), dengan rata-rata 76,79. Sedangkan hasil pengolahan data dengan menggunakan statistik uji-t, diperoleh nilai thitung = 4,30 dan ttabel = 1,70 atau thitung > ttabel dengan taraf signifikan 5%. Ini menunjukkan thitung berada pada daerah penolakan H0 dan terima H1. Dengan demikian berdasarkan kriteria pengujian dapat disimpulkan: “Melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi operasi pecahan“.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

THE OVERVIEW OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH FOR RNELEMENTARY SCHOOL LEVEL RN(A LIBRARY RESEARCH) (Fajrinur, 2014)

KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 12 BANDA ACEH (RISMI WINDAYANI, 2013)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KELAS X DALAM MATERI SENI RUPA TERAPAN DAERAH NUSANTARA (Renggalita Rezeki, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy