//

PERAMALAN JUMLAH PENGUNJUNG MUSEUM NEGERI ACEH MENGGUNAKAN METODE DEKOMPOSISI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sukmi Astuti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Museum merupakan tempat untuk mengoleksi, merawat, menyimpan, dan memamerkan benda-benda peninggalan budaya yang berasal dari zaman berbeda. Museum juga dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, penelitian dan hiburan. Di Kota Banda Aceh terdapat dua museum yang bisa dikunjungi, yaitu museum tsunami aceh dan Museum Negeri Aceh. Dalam perkembangannya, bila dibandingkan dengan museum tsunami aceh, pengunjung Museum Negeri Aceh masih sedikit. Hal ini karena ketertarikan pengunjung terhadap museum tersebut jauh berkurang dari museum tsunami aceh, terlihat jelas bahwa museum tsunami aceh memiliki bangunan yang bagus, dan rasa ingin tahu terhadap peristiwa tsunami yang terjadi di masa lalu membuat pengunjung lebih menarik. Namun, sebagai museum yang menyimpan dan memamerkan kebudayaan aceh, Museum Negeri Aceh juga sangat penting untuk diketahui. Sehingga sejarah dan kebudayaan daerah tidak akan hilang begitu saja. Penelitian ini bertujuan untuk meramalkan jumlah pengunjung museum di masa akan datang guna mengantisipasi kemungkinan yang terjadi dimasa depan. Peramalan jumlah pengunjung Museum Negeri Aceh dimasa akan datang menggunakan metode dekomposisi, karena plot data jumlah pengunjung Museum Negeri Aceh yang dihasilkan merupakan pola data musiman. Data yang digunakan adalah data jumlah pengunjung Museum Negeri Aceh tahun 2008 sampai tahun 2014. Metode peramalan dekomposisi terdiri dari dua model, yaitu model multiplikatif dan model aditif. Berdasarkan hasil analisis model terbaik yang digunakan untuk meramalkan jumlah pengunjung museum di tahun 2015 adalah metode peramalan dekomposisi model aditif, dengan nilai kesalahan terkecil yaitu MAE = 269, MSE = 149.098, MPE = -5,4 dan MAPE = 17,9. Hasil ramalan jumlah pengunjung Museum Negeri Aceh di tahun 2015 mengalami kenaikan sebesar 29% dari jumlah pengunjung Museum Negeri Aceh di tahun sebelumnya. Kata kunci : Museum Negeri Aceh, Peramalan, Dekomposisi, Kesalahan ramalan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN PERSEPSI KUALITAS, KEPUASAN, DAN LOYALITAS KONATIF PENGUNJUNG MUSEUM KOTA BANDA ACEH (STUDI PADA MUSEUM TSUNAMI ACEH DAN MUSEUM ACEH) (Novi Astuti, 2017)

PERANCANGAN MUSEUM ACEH DI BANDA ACEH (TEMA : MOVEMENT IN HISTORY) (Mustanirah, 2017)

PERANAN MUSEUM TSUNAMI TERHADAP PENDIDIKAN DI KOTA BANDA ACEH (Dedek Riskajani, 2016)

MUSEUM ZOOLOGIDI BANDA ACEH(TEMA : ARSITEKTUR HIJAU) (Puput Permata Sari, 2017)

MUSEUM JASMERAH KOTA NAGA ACEH SELATAN (Edy Saputra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy