Search :

Advance


PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INTERAKSI SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Inong Rizki Firdhah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Intensitas Penggunaan Sosial Media Instagram Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Interaksi Sosial pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh intensitas penggunaan sosial media instagram (variable X) terhadap pemenuhan kebutuhan interaksi sosial pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala (variable Y). Populasi pada penelitian ini adalah 20.794 mahasiswa aktif di Universitas Syiah Kuala, dan setelah menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 10% dari jumlah populasi, maka besarnya sampel yang diambil adalah sebanyak 100 responden yang menggunakan instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kegunaan dan kepuasan dimana setiap orang aktif memilih dan nenggunakan media tertentu untuk memuaskan kebutuhannya, dan pengguna mampu menyatakan alasan mereka menggunakan media tersebut. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang skala pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan program SPSS versi 20.0 yaitu uji validitas dan reabilitas, uji hipotesis, uji normalitas, uji regresi linear sederhana, serta menjelaskan kuesioner eksplanasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung adalah 5,907 dan nilai ttabel pada α 0,05 pada uji 2 sisi diketahui 1,984. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu jika thitung lebih besar dari ttabel (5,907 > 1,984), maka Ha diterima, artinya intensitas penggunaan sosial media instagram berpengaruh signifikan dan positif terhadap pemenuhan kebutuhan interaksi sosial pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Kata Kunci: intensitas, instagram, interaksi sosial, teori kegunaan dan kepuasan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KETERGANTUNGAN TERHADAP MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM KAITANNYA DENGAN PERILAKU SELFIE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Hidayah, 2016)

PENGARUH PESAN MEME PENDIDIKAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERKULIAHAN (PENELITIAN TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH) (Yudha Pranata, 2017)

MOTIVASI MAHASISWA BERGABUNG DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISIP UNSYIAH YANG MENGGUNAKAN INSTAGRAM) (M. Furqan Alfindra, 2017)

PENGARUH PERILAKU PHUBBING AKIBAT PENGGUNAAN SMARTPHONE BERLEBIHAN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Yuna Yusnita, 2017)

PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM @KABARACEH TERHADAP KEPUASAN KHALAYAK (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH) (Debby Ispandiari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.