//

TINDAK PIDANA PENGRUSAKAN BARANG YANG DILAKUKAN RNSECARA BERSAMA-SAMARN(SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH DAN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syahruman Tajalla - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK SyahrumanTajalla : 2015 TINDAK PIDANA PENGRUSAKAN BARANG YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA (Suatu Penelitian di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Banda Aceh dan Aceh Besar) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala. (iv,55), pp., bibl. Mukhlis,S.H.,M.Hum Pasal 406 ayat (1) KUHpidana menyebutkan bahwa : Barangsiapa dengan sengaja dan dengan melawan hak membinasakan, merusakkan, membuat sehingga tidak dapat dipakai lagi atau menghilangkan sesuatu barang yang sama sekali atau sebagiannya kepunyaan orang lain, dihukum penjara selama-lamanya dua tahun delapan bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp 4.500, (K.U.H.P, 231,407,411s, 489). Namun kenyataannya tindak pidana pengrusakan barang yang dilakukan secara bersama-sama tersebut masih terjadi di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Banda Aceh dan Aceh Besar, hal ini terdapat 14 kasus tindak pidana pengrusakan barang yang dilakukan secara bersama-sama. Tujuan penulisan skripsi ini untuk menjelaskan faktor penyebab terjadinya tindak pidana pengrusakan barang yang dilakukan secara bersama-sama, hambatan yang dihadapi dalam menanggulangi terjadinya pengrusakan barang yang dilakukan secara bersama-sama dan upaya yang dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi terjadinya pengrusakan barang yang dilakukan secara bersama-sama. Data dalam penulisan skripsi diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian Kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data sekunder dengan cara mempelajari peraturan perundang-undangan, literatur-literatur yang ada hubungannya dengan masalah dibahas. Penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer dilakukan dengan cara mewawancarai para responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor penyebab terjadinya tindak pidana pengrusakan barang yang dilakukan secara bersama-sama adalah faktor emosi dan faktor pengaruh teman. Hambatan yang dihadapi dalam menanggulangi terjadinya pengrusakan barang yang dilakukan secara bersama-sama diantaranya: a) Kurangnya Pengetahuan masyarakat terhadap hukum, b) Kurangnya Sarana dan Prasarana pihak Kepolisian, c) Sulitnya Proses Penyelidikan. Upaya yang dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi terjadinya pengrusakan barang yang dilakukan secara bersama-sama adalah dengan cara Preventif dan Represif. Upaya Preventif melalui:a) Pembinaan mental spiritual, b) Penyuluhan Hukum, c) Pembinaan Lingkungan Masyarakat. Sedangkan Represif melalui: a) Pelaksanaan Pidana, b) Pemberian Keterampilan selama menjalani hukuman di Lapas. Disaranka kepada pelaku tindak pidana pengrusakan barang yang dilakukan secara bersama-sama agar tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum serta dengan deraan hukuman yang telah dijalaninya. Disarankan kepada pihak Kepolisian agar dapat melakukan penyelidikan secara optimal terhadap semua pelaku yang terkait dalam kasus tanpa memandang pangkat dan jabatan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINDAK PIDANA PENGRUSAKAN BARANG YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH) (, 2017)

TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP WASIT SEPAK BOLA YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH) (TIARA ULFA HULJANNAH, 2018)

TINDAK PIDANA PENCURIAN (SUATU PENELITIAN PENCURIAN KELAPA SAWIT DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI ACEH SINGKIL) (ANDRI SINAGA, 2016)

TINDAK PIDANA PENADAHAN DAN PERTIMBANGAN PENJATUHAN HUKUMAN OLEH HAKIM (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI SIGLI) (Mutia Rahmina, 2018)

TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH) (ROSA OKVIANTI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy