//

PENGARUH KONSENTRASI SUKROSA DAN PEKTIN TERHADAP MUTU JELI JAMBU BIJI (Psidium guajava L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ari Andika - Personal Name
SubjectGUAVAS - ORCHARD CROP
JELLIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Buah jambu biji (Psidium guajava L.) termasuk ke dalam buah-buahan yang mudah rusak (perishable). Untuk menghindari kerusakan jambu biji dapat diolah atau diawetkan menjadi buah kalengan, manisan, selai dan jeli. Pemanfaatan buah jambu biji pada pembuatan jeli sangat mendukung karena jambu biji mengandung zat pembentuk gel (pektin 0,5%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan konsentrasi sukrosa dan pektin yang tepat terhadap mutu jeli jambu biji. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial. Faktor I konsentrasi Sukrosa (S) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu: S1 = 45%, S2 = 55 %, S3 = 65% dan Faktor II konsentrasi Pektin (P) yang terdiri dari 4 taraf, yaitu: P1 = 0 % (sebagai kontrol), P2 = 0,5%, P3 = 0,75%, P4 = 1%. Kombinasi perlakuan adalah 3 x 4 = 12 dengan setiap perlakuan 2 kali ulangan maka diperoleh 24 satuan percobaan. Parameter yang dianalisis terdiri dari analisis awal sari buah jambu biji meliputi TSS, vitamin C dan total asam. Analisis produk jeli jambu biji meliputi kadar air, pH, TSS, vitamin C, total asam dan uji organoleptik (warna, aroma, rasa, dan tekstur). Berdasarkan data hasil analisis dan SNI No.01-3552-1994 perlakuan terbaik diperoleh pada jeli dengan konsentrasi sukrosa 45% dan pektin 0,5% (S1P1) dengan karakteristik kadar air 36,33 %, pH 3,14, TSS 30,10 0brix, vitamin C 17,38 mg/100g, total asam 0,17 %, nilai organoleptik warna 3,19 (tingkat penerimaan biasa), nilai organoleptik aroma 3,86 (tingkat penerimaan suka), nilai organoleptik rasa 4,41 (tingkat penerimaan suka) dan nilai organoleptik tekstur 3,19 (tingkat penerimaan biasa). Interaksi antara sukrosa dan pektin adalah hal yang sangat penting dalam proses pembuatan jeli jambu biji. Pembentukan gel yang baik akan terjadi apabila terpenuhinya kombinasi yang tepat antara pektin-gula-asam-air.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH BAHAN KEMASAN TERHADAP KANDUNGAN VITAMIN C PADA JAMBU BIJI MERAH (PSIDIUM GUAJAVA L.) YANG DISIMPAN DI LEMARI PENDINGIN (UTARI ATIA PERTIWI, 2014)

PENGARUH LAMA PERENDAMAN DALAM AIR KELAPA MUDA TERHADAP PERKECAMBAHAN BENIH JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA L.) (Nova Hazliana, 2014)

PERBANDINGAN DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN DAN BUAH JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA) TERHADAP AKTIVITAS BAKTERI ENTEROCOCCUS FAECALIS (Masnaini, 2018)

UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA EKSTRAK METANOL DAUN JAMBU BIJI MERAH DAN DAUN DAUN JAMBU BIJI PUTIH (PSIDIUM GUAJAVA L.) TERHADAP ESCHERICHIA COLI (Hayatun Yulia, 2014)

PERBANDINGAN PENGARUH EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA L.) DENGAN POLYVINYL PYRROLIDONE-SODIUM HYALURONATE GEL TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA (STUDI PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS)) (Dinda Hidayatika, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy