//

POLA DAN SENSITIVITAS KUMAN PENYEBAB INFEKSI SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Azzie Niazie - Personal Name
SubjectURINARYTRACT INFECTION
PATTERNS OF BACTERIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Pola kuman dan sensitivitas antibiotik akan berubah seiring waktu dan berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya, sehingga harus dilakukan evaluasi secara rutin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengavaluasi pola kuman dan sensitivitas antibiotik pada penderita infeksi saluran kemih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel diambil secara total sampling dari data pasien infeksi saluran kemih yang dirawat di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, sedangkan pengambilan data pola kuman dan sensitivitas antibiotik dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Klinik RSUD dr. Zainoel Abidin periode Januari 2013-Desember 2013. Hasil penelitian ini diperoleh jumlah kasus infeksi saluran kemih jenis kelamin laki-laki 80 orang (40,8%), sedangkan perempuan 116 orang (59,2%). Pola kuman yang diperoleh dari infeksi saluran kemih adalah Escherichia coli sebanyak 78 isolat (39,8%), Klebsiella pneumoniae 52 (26,5%), Pseudomonas aeruginosa 25 (12,8%), Staphylococcus aureus 13 (6,6%), Streptococcus Group D 12 (6,1%), Acinetobacter 6 (3,1%), Proteus mirabillis 6 (3,1%), dan Staphylococcus saprophyticus 4 (2,0%). Bakteri Gram-negatif menunjukkan tingkat sensitifitas yang baik terhadap antibiotik golongan beta-laktam, dimana memiliki tingkat sensitivitas yang sangat tinggi terhadap meropenem diatas 90%. Bakteri Gram-positif menunjukkan tingkat sensitivitas yang baik terhadap antibiotik golongan lain, namun menunjukkan tingkat sensitivitas yang rendah terhadap antibiotik golongan beta-laktam dan golongan quinolon. Hasil tersebut disimpulkan bahwa bakteri-bakteri yang diisolasi dari urin penderita infeksi saluran kemih telah resisten terhadap beberapa antibiotik. Kata kunci: infeksi saluran kemih, pola kuman, uji sensitivitas antibiotik

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA KUMAN DAN SENSITIVITAS ANTIBIOTIK PADA ANAK PENDERITA INFEKSI SALURAN KEMIH DI RUANG RAWAT INAP ANAK RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Annisa Sarindah, 2014)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI PENYEBAB INFEKSI NOSOKOMIAL SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (IDEBINA PASLIKO, 2013)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI PENYEBAB INFEKSI NOSOKOMIAL SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Idebina Pasliko, 2016)

POLA DAN SENSITIVITAS BAKTERI PENYEBAB INFEKSI LUKA OPERASI (ILO) DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Muhammad Sidiq, 2015)

HUBUNGAN LAMA KATETERISASI URETRA TERHADAP INFEKSI SALURAN KEMIH PADA PASIEN PASCA OPERASI ORTHOPEDI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN (Randika Gundra Pratama, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy