//

ANALISIS PRODUKSI DAN PENDAPATAN PENGUSAHA PENGRAJIN KERUPUK MULIENG DI KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD IQBAL ISMAIL - Personal Name
SubjectINCOME - AGRICULTURAL INDUSTRIES
PRODUCTS - AGRICULTURAL INDUSTRIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Analisis Produksi dan Pendapatan Pengusaha Pengrajin Kerupuk Mulieng di Kabupaten Pidie Nama : M. Iqbal Ismail NIM : 0701101010019 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Abd. Jamal,S.E, M.Si Konsentrasi : Sumber Daya Manusia Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi penggunaan input dan menganalisis produksi dan pendapatan pengusaha pengrajin kerupuk mulieng di Kabupaten Pidie, serta melihat pengaruh input produksi yaitu modal dan tenaga kerja terhadap produksi kerupuk mulieng dan pendapatan pengusaha pengrajin kerupuk mulieng. Model analisis yang digunakan adalah model fungsi produksi Frontier Stochastic Cobb-Douglass dengan menggunakan sampel sebanyak 35 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal dan tenaga kerja berpengaruh positif terhadap produksi tebu. Pengujian efisiensi input dengan menggunakan uji Wald, menunjukkan bahwa pengrajin kerupuk mulieng sudah mencapai efisiensi penggunaan input dimana nilai p-value > 0,05. Uji efisiensi produksi dengan menggunakan pendekatan production possibility frontier yang dibandingkan dengan produksi aktual, menjelaskan bahwa pengrajin kerupuk mulieng belum mencapai efisiensi produksi. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh luas lahan melinjo yang rata-rata yang semakin lama semakin berkurang, serta keadaan topografi dan tingkat kesuburan tanah dan juga pendidikan tenaga kerja yang masih relatif rendah, diduga menjadi faktor inefisiensi produksi kerupuk mulieng. Oleh karena itu, untuk meningkatkan produksi kerupuk mulieng, pengrajin kerupuk mulieng perlu memperhatikan efisiensi dalam penggunaan input dan proses produksi, serta meningkatkan pengetahuan mengenai teknik pengolahan kerupuk mulieng yang dapat meningkatkan hasil yang maksimal. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk memasukkan faktor-faktor lain yang diduga dapat mempengaruhi produksi kerupuk mulieng. Kata Kunci : Efisiensi Penggunaan input, Analisis Produksi dan Pendapatan, Frontier Stochastic

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN PENGRAJIN KERUPUK KULIT DI DESA SENTOSA KECAMATAN MUTIARA BARAT KABUPATEN PIDIE (AZIZAH, 2013)

ANALISIS PERBANDINGANPENDAPATAN USAHA HOME INDUSTRY KERUPUK TEPUNG DAN EMPING MELINJO DI DESA PULO PISANG KECAMATAN PIDIE KABUPATEN PIDIE (Muhammad Azrul , 2016)

PENGARUH ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN TERHADAP PETANI PEREMPUAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Ade Trya, 2017)

ANALISIS PENDAPATAN PEMILIK LAHAN AKIBAT DAMPAK ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN KE PERUMAHAN (STUDI KASUS: KECAMATAN INGIN JAYA, KABUPATEN ACEH BESAR) (M. MULZIA TUDDIN, 2018)

PENGARUH VARIABEL-VARIABEL PENYULUHAN TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN TRIENGGADENG KABUPATENPIDIE JAYA (YUNIS, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy