//

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPATUHAN BEROBAT PASIEN HIPERTENSI DIRNPUSKESMAS BATOH KECAMATAN LHUENG BATA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syifa Munawarah - Personal Name
SubjectHYPERTENSION - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Hipertensi merupakan penyakit kronis yang pengobatannya seumur hidup dan perlu dilakukan secara teratur. Berdasarkan hasil survey beberapa penelitian menyebutkan bahwa banyak pasien hipertensi yang tidak patuh untuk melakukan kontrol pengobatan sehingga masalah ini menjadi masalah yang serius. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan berobat hipertensi adalah faktor sosial ekonomi, faktor pelayanan kesehatan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy), faktor kondisi, faktor terapi, dan faktor pasien itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepatuhan berobat pasien hipertensi di Puskesmas Batoh Kecamatan Lhueng bata Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2012-Februari 2013. Metode penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 80 orang pasien hipertensi yang memenuhi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi, Pengambilan sampel dilakukan secara consecutive sampling. Data penelitian diperoleh melalui kuisioner dan wawancara langsung terhadap pasien. Analisis data dilakukan secara bertahap mencakup analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi- square, pada program SPSS Version 17.0. Hasil uji chi-square pada penelitian ini didapatkan angka P value untuk tangibles (p=0,002), reliability (p=0,03), responsiveness (p=0,001), assurance (p=0,007), empathy (p=0,002) berhubungan signifikan terhadap kepatuhan berobat pasien hipertensi. Hasil untuk kualitas pelayanan kesehatan secara keseluruhan didapatkan nilai (p=0,002) yang menunjukkan hubungan yang signifikan dengan kepatuhan berobat pasien hipertensi di Puskesmas Batoh Kecamatan Lhueng Bata Banda Aceh. Kata Kunci : Penyakit Hipertensi, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepatuhan Berobat

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK GINJAL DAN HIPERTENSI RSUDZA BANDA ACEH (FADHLUL HUDA SUARDI, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN DAN PMO DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PASIEN TB PARU DI PUSKESMAS SAKTI (Fachrul Razi, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN DAN PENGAWAS MENELAN OBAT DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI PUSKESMAS SAKTI (Fachrul Razi, 2016)

PENGARUH KONSELING TERHADAP KEPATUHAN BEROBAT PENDERITA HIPERTENSI DI KOTA LHOKSEUMAWE (MURSAL, 2016)

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN FUNGSI KOGNITIF (Defira Rosa Amalia, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy