//

PEMETAAN SEBARAN DAN LUASAN HUTAN MANGROVERNDI KECAMATAN LEUPUNG, KABUPATEN ACEH BESARRNDENGAN MENGGUNAKAN DATA CITRA LANDSAT 8

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PAWIT TRIMANTO - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Provinsi Aceh memiliki wilayah pesisir dan laut yang luas. Ekosistem mangrove merupakan salah satu ekosistem yang terdapat di wilayah tersebut. Informasi mengenai sebaran dan luasan hutan mangrove sangat diperlukan untuk pengelolaan wilayah pesisir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi sebaran dan luasan hutan mangrove di Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar dengan menggunakan data citra Landsat 8. Teknik penginderaan jauh yang digunakan untuk mengidentifikasi mangrove pada penelitian ini menggunakan komposit citra pada RGB 564. Pemisahan objek mangrove dan objek selain mangrove menggunakan metode klasifikasi tak terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebaran hutan mangrove di Kecamatan Leupung, Aceh Besar terdapat di 6 Gampong, yaitu di Gampong Deah Mamplam, Gampong Meunasah Masjid, Gampong Meunasah Bak U, Gampong Lamseunia, Gampong Pulot dan Gampong Layeun. Luas hutan mangrove di Kecamatan Leupung secara keseluruhan sebesar 164,724 Ha, luas mangrove tertinggi terdapat di Gampong Lamseunia dengan luas sebesar 54,756 Ha dan luas terendah terdapat di Gampong Meunasah Bak U dengan luas 4,810 Ha dengan tingkat ketelitian pemetaan sebesar 85 %. Kata Kunci : Mangrove, Penginderaan Jauh, Landsat 8, RGB 564, Klasifikasi Tak Terbimbing

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PERUBAHAN SEBARAN HUTAN MANGROVE PRA DAN PASCA TSUNAMI DI ACEH JAYA (Syartika Andi Putri, 2015)

KAJIAN KESESUAIAN PENGGUNAAN LAHAN DENGAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KABUPATEN BENER MERIAH (Sylvia Zahara, 2016)

PEMETAAN SEBARAN PADANG LAMUN DI PERAIRAN PULAU MATAHARI KECAMATAN PULAU BANYAK ACEH SINGKIL (Fauzan Aulia, 2015)

PEMETAAN ENDAPAN MINERAL TERALTERASI HIDROTERMAL MENGGUNAKAN ANALISIS CITRA LANDSAT 8 DI SEKITAR GUNUNG API BUR NI GEUREUDONG, KABUPATEN BENER MERIAH, PROVINSI ACEH (NELA WIRJA, 2019)

PEMETAAN IN SITU HUTAN MANGROVE PADA WILAYAH PESISIR DAERAH LADONG, ACEH BESAR (Geumala Tari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy