//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TRANSFORMASI TENAGA KERJA DARI SEKTOR PERTANIAN KE SEKTOR INDUSTRI DI KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riska Agustriana - Personal Name
SubjectLABOR
AGRICULTURAL - ECONOMICS ASPECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Beralihnya sebagian tenaga kerja ke sektor industri bukan merupakan persoalan yang sederhana, peranan pendidikan termasuk peningkatan ketrampilan angkatan kerja sangatlah menentukan dalam proses tersebut. Oleh karena itu, tuntutan terhadap pendidikan angkatan kerja merupakan pilihan strategis bagi peningkatan produktivitas, terutama di sektor industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa yang mempengaruhi transformasi tenaga kerja dari sektor pertanian ke sektor industri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa data sekunder dalam bentuk time series.Analisis menggunakan model regresi linear berganda. Hasil analisis penelitian secara serempak menunjukkan bahwa kesemua faktor tersebut diatas yaitu faktor Upah Pada Sektor pertanian (WP), Upah Pada Sektor industri (WI), Luas Lahan Pertanian (LLP) dan Produk Domistik Regional Bruto sektor pertanian (PDRB) terhadap jumlah tenaga kerja sektor pertanian (STKP) di Kabupaten Aceh Utara dan faktor Upah Pada Sektor industri (WI), Jumlah Industri (JI), dan Produk Domistik Regional Bruto sektor industri (PDRBI) berpengaruh nyata terhadap Demand tenaga kerja industri (DKTI). Masing-masing mempunyai pengaruh determinasi R2 sebesar 96,90% dan 86,80%. Adapun saran yang dapat diberikan dalam usaha meningkatkan kesempatan kerja pada sektor pertanian, maka diharapkan kepada pemerintah agar lebih memperhatikan besarnya upah pertanian dengan nilai output pertanian sehingga ketertarikan calon tenaga kerja pada sektor pertanian lebih besar, sedangkan untuk upah pada sektor industri agar dapat disesuaikan dengan standar hidup layak sebuah daerah. Selain itu agar dibuka lebih luas lahan pertanian sehingga ketergantungan terhadap industri tidak terlalu besar dan pada akhirnya akan meningkatkan jumlah PDRB sektoral. Kata Kunci : Upah Pada Sektor pertanian (WP), Upah Pada Sektor industri (WI), Luas Lahan Pertanian (LLP) dan Produk Domistik Regional Bruto sektor pertanian (PDRB) terhadap jumlah tenaga kerja sektor pertanian (STKP) Upah Pada Sektor industri (WI), Jumlah Industri (JI), dan Produk Domistik Regional Bruto sektor industri (PDRBI) berpengaruh nyata terhadap Demand tenaga kerja industri (DKTI).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG RNMEMPENGARUHI TRANSFORMASI TENAGA KERJA WANITA DARI PERTANIAN KE RNINDUSTRI KERAJINAN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Rauzatul Azani, 2014)

PERANAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PENYERAPAN TENAGA KERJA DI PROVINSI ACEH (Teguh Fahrur Rozi, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI ACEH (Andi Sanjaya, 2019)

PENGARUH PMDN, PMA, TENAGA KERJA DAN LUAS LAHAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI ACEH (Evi Safira, 2017)

ANALISIS KESEMPATAN KERJA DAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI ACEH (Zakia Izzati , 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy