//

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 RNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulana Agus Syahputra - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
LEARNING ACHIEVEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Kurikulum 2013, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar, Kurikulum 2013 yang sudah diterapkan di Banda Aceh adalah salah satu hal yang penting dalam meningkatkan kemampuan emosional. Kurikulum 2013 tidak serta merta pengetahuan saja yang dinilai tetapi juga dinilai keterampilan serta perilaku siswa. Kecerdasan emosional mampu melatih kemampuan untuk mengelola perasaannya, memotivasi dirinya, kesanggupan untuk tegar dalam menghadapi frustasi, kesanggupan mengendalikan dorongan dan menunda kepuasan sesaat, mengatur suasana hati yang reaktif, serta mampu berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Mengingat kenyataan tersebut, penulis tertarik untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015; (2) Untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 8 Banda Aceh yang berjumlah 25 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan nilai prestasi belajar mereka yang diperolah dari guru bidang studi matematika. Pengolahan data menggunakan uji korelasi Spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh di mana thitung < ttabel atau 0,0817 < 1,71, sedangkan nilai korelasinya sangat kecil yaitu 0,017 yang menyatakan bahwa ada hubungan yang positif (sejajar searah) serta memiliki kontribusi yang positif sebesar 0,00029% antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Mukhlisah, 2016)

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 BANDA ACEH (Iwan Saputra, 2015)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI UNGGUL KOTA SUBULUSSALAM (M. Rizki Ramadhan, 2018)

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SEBAGAI FAKTOR KONTROL (Irham Solehidin, 2017)

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Kartika Sarah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy