//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN PASIEN DIABETES MELITUS DALAM MENJALANI TERAPI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maisura - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS-MEDICINE
THERAPY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Diabetes melitus (DM) yang tidak terkendali dengan baik dapat meningkatkan terjadinya komplikasi akut maupun kronik, untuk itu diperlukan kepatuhan pasien dalam menjalani terapi farmakologis dan non farmakologis agar dapat menurunkan angka morbiditas dan mortalitas DM. Kepatuhan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu faktornya adalah pengetahuan. Pengetahuan pasien tentang penyakit dan terapi DM merupakan hal yang membutuhkan perhatian lebih. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan pasien diabetes melitus dalam menjalani terapi di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling dan jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 91 responden. Penelitian dilakukan dari tanggal 8 November sampai tanggal 31 Desember 2012 di Poliklinik Endokrin RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Data diperoleh melalui kuesioner dengan wawancara langsung kepada pasien. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square (α < 0,05; CI = 95%). Hasil penelitian mengenai hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan terapi obat (p value 0,015), terapi nutrisi medis (p value 0,028), dan aktivitas fisik (p value 0,023). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan pasien DM dalam menjalani terapi obat, terapi nutrisi medis, dan aktivitas fisik. Kata kunci: Pengetahuan, Kepatuhan, Diabetes Melitus, Terapi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (NELFIA YUNANDA, 2017)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN TERAPI INSULIN PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI POLOKLINIK ENDROKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (SYAFRIL WIRJA, 2014)

GAMBARAN GAYA HIDUP PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 SEBELUM MENDERITA DIABETES DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 2010 (muhajir, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER-PASIEN DENGAN KEPATUHAN MENJALANI PENGOBATAN PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 (Puti Andini Pradipta, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy