Search :

Advance


PENGARUH PEMASANGAN DOUBLE-J STENT TERHADAP TIMBULNYA INFEKSI SALURAN KEMIH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riri Putria - Personal Name
Subyek URINARY DISEASES - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Double–J stent merupakan alat untuk mempermudah aliran urin dari ginjal ke kandung kemih yang terganggu akibat adanya obstruksi. Pemasangan DJ stent pada ureter, baik unilateral maupun bilateral memiliki makna sebagai implantasi benda asing pada tubuh yang dapat menimbulkan komplikasi, salah satunya adalah infeksi. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cohort yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasangan DJ stent terhadap timbulnya infeksi saluran kemih di RSUDZA Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah 32 pasien pengguna DJ stent yang diperoleh dengan metode Total Sampling selama Oktober-Desember 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah 1 minggu pemasangan tidak ada pasien yang menderita infeksi saluran kemih akibat pemasangan DJ stent (0%) tetapi setelah 6 minggu pemasangan didapatkan 11 pasien (34.4%) menderita infeksi saluran kemih sedangkan 21 pasien lainnya (65.6%) tidak menderita infeksi saluran kemih. Berdasarkan hasil analisis lanjutan dengan uji Spearman's rho diperoleh nilai r = 0.386 yang menunjukkan kekuatan hubungan yang lemah antara pemasangan DJ stent terhadap timbulnya infeksi saluran kemih dan semakin lama pemasangan DJ stent maka semakin besar infeksi saluran kemih yang timbul. Hasil uji Fisher menunjukkan bahwa pemasangan DJ stent setelah 1 minggu tidak berpengaruh terhadap timbulnya infeksi saluran kemih (p > 0.05) dan pemasangan DJ stent setelah 6 minggu berpengaruh terhadap timbulnya infeksi saluran kemih (p < 0.05). Pasien dengan pemasangan DJ stent bilateral memiliki resiko 4 kali lebih besar untuk menderita infeksi saluran kemih dibandingkan pemasangan unilateral setelah 6 minggu. Kata Kunci: DJ stent, infeksi saluran kemih, unilateral, bilateral.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMASANGAN DOUBLE-J STENT TERHADAP TIMBULNYA LOWER URINARY TRACT SYMPTOMS DI RSUDZA BANDA ACEH (T. Okky Radhinal Akhyar, 2015)

HUBUNGAN ANTARA PEMASANGAN KATETER DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN KEMIH PADA PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAMRNRSUDZA BANDA ACEH TAHUN 2012 (RONY A. SAMAD, 2014)

HUBUNGAN LAMA KATETERISASI URETRA TERHADAP INFEKSI SALURAN KEMIH PADA PASIEN PASCA OPERASI ORTHOPEDI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN (Randika Gundra Pratama, 2017)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK AIR DAUN SIRIH MERAH (PIPER CROCATUM) TERHADAP ISOLAT ESCHERICHIA COLI DARI URIN PENDERITA INFEKSI SALURAN KEMIH (Cut Fazriany, 2013)

POLA DAN SENSITIVITAS KUMAN PENYEBAB INFEKSI SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2013 (Azzie Niazie, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.