//

PENGARUH KECEPATAN PEMOTONGAN TERHADAP INTEGRITAS PERMUKAAN DENGAN PAHAT END MILL 4 SLOT PADA BAHAN ALUMINIUM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Miftah Faridl - Personal Name

Abstrak/Catatan

Proses milling merupakan salah satu proses pemesinan yang banyak digunakan untuk pembuatan suatu komponen. Pada pengujian ini proses pemotongan di lakukan pada mesin milling dengan jenis pemotongan up cut dan down cut menggunakan pahat end mill. Dari hasil pengujian pada pemotongan up cut di peroleh nilai kekasaran permukaan yang terbaik adalah 0,19 μm pada kecepatan potong 80 m/min, pemakanan 100 mm/min dan kedalaman potong 0,2 mm. Pada pemotongan down cut kekasaran permukaan terbaik adalah 0,16 μm pada kecepatan potong 80 m/min, pemakanan 100 mm/min dan kedalaman potong 0,2 mm. Secara umum kekasaran permukaan yang di peroleh dengan pemotongan down cut hasilnya lebih halus dibandingkan pemotongan up cut. Gaya maksimal arah up cut terjadi pada sumbu y (aksial) kecepatan potong 80 m/min, pemakanan 100 mm/min dan kedalaman potong 0,2 mm adalah 9,799 N. Sedangkan gaya maksimal arah down cut terjadi pada sumbu z (radial) kecepatan potong 80 m/min, pemakanan 100 mm/min dan kedalaman potong 0,2 mm adalah 39,64 N. Secara umum gaya potong arah up cut didapat nilai gaya lebih rendah dari pada gaya potong arah down cut. Oleh karna itu, semakin tinggi kecepatan potong maka semakin halus permukaan yang di hasilkan. Kata kunci : Arah pemotongan, kekasaran permukaan, dan gaya potong.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN TERHADAP GAYA POTONG MATERIAL KOMPOSIT LAMINAT DENGAN PENGUAT SERAT RUBEK (CALOTROPIS GIGANTEA) (Zumairi, 2015)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN TERHADAP KUALITAS PERMUKAAN MATERIAL KOMPOSIT DENGAN PENGUAT SERAT RUBEK (CALOTROPIS GIGANTEA) PADA PROSES MILLING (jufrizal, 2014)

PENGARUH KEAUSAN MATA PAHAT TERHADAP GETARAN PADA MESIN BUBUT KNUTH COMPASS 250/1000B (amar zainun irawan, 2015)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN PADA PROSES DRILLING UNTUK MATERIAL KOMPOSIT DENGAN PENGUAT SERAT KACA (balkia, 2013)

ANALISA KEAUSAN TEPI PAHAT POTONG FLATTENED END MILL COATED CARBIDES DENGAN VARIASI KECEPATAN POTONG MENGGUNAKAN BENDA KERJA BAJA KARBON SEDANG (Ari Ramadhan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy