//

TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN BARANG JALUR NUGRAHA EKAKURIR TERHADAP KELALAIAN YANG MENYEBABKAN RUSAK ATAU HILANGNYARN BARANG PENGIRIMAN RN(SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tahjul Fikar Mulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tahjul Fikar Mulia TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN JASA 2015 PENGIRIMAN BARANG JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) TERHADAP KELALAIAN YANG MENYEBABKAN RUSAK ATAU HILANGNYA BARANG PENGIRIMAN (Suatu Penelitian di Kota Banda Aceh) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala. (iv,52), pp.,tabl., bibl. Pembimbing : Teuku Ahmad Yani, S.H., M.Hum Tata Cara Pengangkutan /pengiriman barang pada perusahaan JNE diatur sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Dalam pelaksanaan pengangkutan dilapangan, perusahaan JNE terjadi berbagai klaim dengan konsumen. Pelaksanaan perjanjian pengangkutan pengiriman oleh JNE menggunakan hukum kebiasaan kepada dokumen pengangkutan saja. Salah satu bentuk wanprestasi yang terjadi adalah hilang atau rusak barang yang dikirim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan tanggung jawab perusahaan JNE akibat kelalaian yang menyebabkan rusaknya atau hilangnya barang. Untuk mengetahui dan menjelaskan penyelesaian perselisihan dalam perjanjian pengiriman barang antara perusahaan JNE dengan konsumen. Untuk memperoleh data dalam penulisan skripsi ini dilakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data sekunder yang bersifat teoritis, sedangkan penelitian lapangan dilakukan guna memperoleh data primer melalui wawancara dengan responden dan informan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tanggung jawab perusahaan Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) akibat kelalaian yang menyebabkan rusaknya atau hilangnya barang yaitu tanggung jawab berupa pembayaran ganti rugi terhadap barang yang hilang maupun yang rusak sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan JNE. Proses Penyelesaian perselisihan dalam perjanjian pengiriman barang antara perusahaan Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dengan konsumen diselesaikan berdasarkan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan dalam perusahaan sesuai dengan tuntutan hukum yang berlaku sebagaimana prosedur penyelesaian klaim yang telah ditetapkan dalam Syarat Standar Pengiriman (SSP) dengan cara melakukan pengecekkan terhadap barang tersebut untuk memastikan apakah barang tersebut benar-benar hilang ataupun rusak. Disarankan kepada pihak JNE agar perlunya menjelaskan prosedur dan resiko jasa pengangkutan yang digunakan oleh jasa titipan tersebut serta kepastian akan perkiraan waktu tibanya barang tersebut ketujuan pengiriman barang kepada konsumen,serta menjelaskan penyelesaian ganti rugi pada konsumen dalam penentuan nilai pertanggung jawaban dengan mempertimbangkan nilai dokumen atau barang yang hilang ataupun rusak dan mencantumkan lama pembayaran ganti rugi dalam syarat standar pengiriman (SSP), sehingga konsumen mengetahui dan mendapat kepastian waktu pembayaran terhadap barang yang hilang ataupun rusak tersebut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TANGGUNG JAWAB PT. INDAH LOGISTIK CARGO TERHADAP RUSAK DAN HILANGNYA BARANG KIRIMAN (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (FARAH RIEZA, 2019)

MEKANISME PENDISTRIBUSIAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA PT. POS (PERSERO) BANDA ACEH (Vicki Fernando, 2015)

PROSES PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA KANTOR POS DAN GIRO INDONESIA BANDA ACEH (MUNAWIR, 2014)

PENERAPAN METODE WAITING LINE UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN PENGIRIMAN PADA PT. JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) BANDA ACEH (Rusni Afri Nanda, 2018)

TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN ANGKUTAN TERHADAP PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN JASA ANGKUTAN PENUMPANG (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (Muhibur Rahman, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy