//

DISPARITAS PENDAPATAN ANTAR KECAMATAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Iqhtifar Maulidzan - Personal Name
SubjectINCOME
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Disparitas Pendapatan Antar Kecamatan Di Kota Banda Aceh Nama : Iqhtifar Maulidzan NIM : 1001101020028 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Konsentrasi : Ekonomi Regional DosenPembimbing : Abd. Jamal, S.E, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat ketimpangan pendapatan dan pengeluaran antar Kecamatan di Kota Banda Aceh. Berdasarkan pendapatan seluruh kepala keluarga (KK) di sembilan kecamatan di Kota Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah penduduk dan jumlah kepala keluarga (KK) dengan menggunakan Multiple Sampling. Hasil analisis menjelaskan dari sembilan kecamatan yang ada di Kota Banda Aceh terdapat dua Kecamatan yang memilki ketimpangan pendapatan yang sedang yaitu di Kuta Raja dan di Kuta Alam, dengan angka gini ratio sebesar 0,4 – 0,5. Sedangkan Kecamatan lainnya memiliki ketimpangan yang rendah dengan angka gini ratio sebesar < 0,4. Selanjutnya, ketimpangan pengeluaran antar Kecamatan di Kota Banda Aceh diketahui bahwa Kecamatan yang memiliki ketimpangan pengeluaran yang sedang hanya dimiliki oleh Kecamatan Baiturrahman dengan angka gini ratio sebesar 0,4 – 0,5. Sedangkan kecamatan lainnya memiliki angka ketimpangan pengeluaran yang rendah yaitu dengan angka gini ratio sebesar < 0,4. Tingkat ketimpangan yang sedang dimiliki oleh Kecamatan Kuta Alam dan Kuta Raja, sementara itu tujuh Kecamatan lainnya memiliki tingkat ketimpangan yang rendah. Data yang digunakan dalam analisis penelitian ini menggunakan data primer, dimana data yang diperoleh dari responden dengan menyebarkan kuesioner. Untuk mencari ketimpangan dalam penelitian ini menggunakan rumus gini ratio (GR). Hasil penelitian menunjukan bahwa distribusi pendapatan dan pengeluaran menurut Kecamatan di Kota Banda Aceh memiliki tingkat ketimpangan rendah dan sedang. Kata Kunci: Pendapatan Individu, Pengeluaran Individu, Gini Ratio (GR).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH ZAKAT DAN PAJAK TERHADAP DISPARITAS PENDAPATAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH (YUNI ASNITA, 2019)

ANALISIS KESENJANGAN PENDAPATAN ANTAR KABUPATEN/KOTA DALAM PROVINSI ACEH (Mahrizal, 2014)

ANALISIS DISPARITAS PENDAPATAN REGIONAL DI PROVINSI ACEH (Ramadhan Syahputra, 2013)

ANALISIS NILAI TAMBAH USAHA JAGUNG BAKAR RNSERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP TOTAL PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI ULEE-LHEUE KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Ilhamullah, 2014)

KONTRIBUSI USAHATANI KAKAO TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA REULEUT KECAMATAN ULIM KABUPATEN PIDIE JAYA (ERNI LISTIA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy