//

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI DEPRESI DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dwi Harliani Ayu Aprilia - Personal Name
SubjectDEPRESSION-MEDICINE
ELDERLY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Depresi merupakan permasalahan mental yang sering terjadi pada lanjut usia. Depresi pada lanjut usia dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu proses penuaan, jenis kelamin, status pernikahan dan dukungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang memengaruhi depresi (usia, jenis kelamin, status pernikahan dan dukungan sosial) dengan tingkat depresi pada lanjut usia di Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh. Jenis penelitian yang dilakukan adalah survei analitik dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dengan jumlah sampel 40 orang lanjut usia. Penelitian ini menggunakan kuesioner Geriatric Depression Scale (GDS) dan kuesioner dukungan sosial. Lanjut usia yang tidak mengalami depresi (82,5%) lebih tinggi daripada yang mengalami depresi (17,5%). Hasil uji chi square menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat depresi dengan usia, jenis kelamin dan status pernikahan (p ≥ 0,05). Namun, ada hubungan antara tingkat depresi dengan dukungan sosial (p = 0,000). Dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial berperan besar terhadap tingkat depresi pada lanjut usia.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (fadhlianur, 2016)

GAMBARAN DEPRESI PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (tetry larasati, 2014)

PERBANDINGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA YANG TINGGAL DI PANTIRUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG DENGAN YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DI DESA LAMGLUMPANG KOTA BANDA ACEH (Megawati Putri Bancin, 2014)

KONDISI PSIKOLOGIS LANSIA YANG DEPRESI DAN UPAYA PENANGANANNYA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MAULA ARIFA, 2018)

HUBUNGAN DERAJAT DEPRESI TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA DI UPTD PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Cut Harvina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy