//

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Utami - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TRIGONOMETRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Kemampuan, Kesulitan, Materi Trigonometri Trigonometri merupakan salah satu materi penunjang untuk beberapa materi selanjutnya. Walaupun demikian, masih banyak siswa yang belum mampu dalam memahami materi ini. Berdasarkan hal tersebut penulis mengadakan penelitian tentang “Analisis Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi Trigonometri di Kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan Haji Timur”. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa dalam memahami materi trigonometri di kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan Haji Timur (2) untuk mengetahui kesulitan siswa dalam memahami materi trigonometri di kelas XI SMA negeri 1 Labuhan Haji Timur (3) untuk mengetahui cara guru mengatasi kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi trigonometri di kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan Haji Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan Haji Timur sebanyak 24 orang siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data hasil tes dianalisis menggunakan statistik uji-t (uji pihak kiri) dan diperoleh harga thitung = -23,21, sedangkan ttabel = 1,71 dengan taraf signifikan α = 0,05. Karena thitung < ttabel maka tolak Ho. Kesimpulannya kemampuan siswa dalam memahami materi trigonometri di kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan Haji Timur belum mencapai taraf baik. Data dari hasil wawancara terhadap siswa diperoleh kesimpulan bahwa siswa kurang mampu dalam menguasai konsep dasar trigonometri seperti nilai-nilai dari sudut istimewa dan cara pengaplikasian rumus yang diberikan, selain materi trigonometri siswa juga sulit dalam menyelesaikan operasi aljabar seperti pada bentuk akar dan penyederhanaan bentuk pecahan. Data dari hasil wawancara dengan guru diperoleh kesimpulan bahwa cara yang paling efektif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa adalah dengan cara mengubah pola belajar siswa dan memberikan soal latihan lebih banyak dari biasanya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN HAJI MENENTUKAN POKOK-POKOK BERITA BERDASARKAN UNSUR 5W+1H (Ria Sastra Nur, 2015)

PERBEDAAN KEMAMPUAN PERMAINAN BOLA VOLI ANTARA SMA NEGERI 1 MEUKEK DENGAN SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (yusferizal, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LABUHAN HAJI TIMUR (SARAH FEBRIANI, 2016)

USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SISWA BERSEKOLAH DI SMP NEGERI I LABUHAN HAJI BARAT (Maslinar, 2015)

PELAKSANAAN PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR KEUMUMU LABUHAN HAJI TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (NOVIYAR, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy