//

KENAIKAN BERAT BADAN PENDERITA EPILEPSI ANAK YANG MENDAPATKAN MONOTERAPI ASAM VALPROATRNDI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Imami Rusli Putri - Personal Name
SubjectCHILD
EPILEPSY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Manajemen pengobatan epilepsi dapat berlangsung selama bertahun-tahun dan efek samping terhadap pengobatannya harus diperhatikan. Asam valproat merupakan lini pertama untuk mengatasi kejang dan pada anak merupakan jenis yang paling sering digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kenaikan berat badan pasien epilepsi anak yang mendapatkan monoterapi asam valproat. Sampel yang digunakan adalah pasien epilepsi anak dan data diambil dari rekam medik. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode consecutive sampling sebanyak 40 sampel. Kenaikan berat badan terjadi pada 37 sampel (92.5%) sedangkan 3 sampel (7.5%) mengalami penuruan berat badan. Prevalensi dan insidensi epilepsi anak yang mendapatkan monoterapi asam valproat adalah 2.4% dan 0.8%. Pasien epilepsi anak yang mendapatkan monoterapi asam valproat pada tahun 2012 adalah 69 anak. Pasien epilepsi anak yang mendapatkan monoterapi asam valproat berdasarkan usia paling banyak terdapat pada 0-5 tahun yakni sebanyak 20 sampel (50%). Sampel laki-laki pada penelitian ini didapatkan sebanyak 28 sampel (70%) dan wanita sebanyak 12 sampel (30%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kenaikan berat badan pada penderita epilepsi anak yang mendapatkan monoterapi asam valproat. Kata kunci: monoterapi asam valproat, kenaikan berat badan, epilepsi, anak

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA, SIKAP PETUGAS MEDIS, DAN PENYULUHAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PASIEN EPILEPSI (Maksalmena, 2015)

KUALITAS HIDUP PASIEN EPILEPSI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Sri Agustina, 2019)

GAMBARAN HASIL PEMERIKSAAN KADAR SGOT DAN SGPT PADA ANAK EPILEPSI YANG MENDAPAT MONOTERAPI ASAM VALPROAT DI POLIKLINIK ANAK RSUDZA BANDA ACEH (Marka Bela Monika, 2016)

PENYANDANG EPILEPSI (mulya raisa, 2015)

PENGARUH PENGGUNAAN KAPASITOR BANK TERHADAP FAKTOR DAYA PADA SISTEM KELISTRIKAN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN THE EFFECT OF USE CAPASITOR BANK TO THE POWER FACTOR IN THE ELECTRICAL SYSTEM AT RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Surya Rahmad, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy