//

PENAKSIRAN NILAI WAKTU PERJALANAN UNTUK KENDARAAN PRIBADI(STUDI KASUS JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nazariani - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Nilai waktu perjalanan adalah jumlah uang yang disiapkan seseorang untuk dibelanjakan agar menghemat satu unit waktu perjalanan. Pengurangan waktu perjalanan dapat mengubah porsi keuntungan yang cukup besar. Oleh karena itu, digunakan pendekatan nilai waktu untuk mengkonversi keuntungan tersebut dalam bentuk uang. Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Teuku Umar Banda Aceh yang dimulai dari Simpang Gunongan (KM.1+101) s/d Simpang 3 PU (KM.3+113). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai biaya operasional kendaraan (BOK) untuk mobil penumpang dan sepeda motor serta mengetahui nilai waktu perjalanan di ruas Jalan Teuku Umar. Metode yang digunakan untuk menghitung nilai waktu perjalanan adalah metode income approach dan running speed approach. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh volume lalu-lintas puncak mobil penumpang (LV) untuk arah menuju Simpang 3 PU sebesar 1193 kend/jam, kendaraan berat (HV) sebesar 13 kend/jam dan sepeda motor (MC) sebesar 3438 kend/jam. Adapun volume lalu-lintas untuk arah sebaliknya menuju Simpang Gunongan diperoleh masing-masing kendaraan sebesar (LV=1059 kend/jam), (HV=16 kend/jam) dan (MC=4269 kend/jam). Kecepatan rata-rata LV untuk arah menuju Simpang 3 PU diperoleh sebesar 37,09 km/jam dan MC sebesar 47,96 km/jam. Sedangkan arah sebaliknya diperoleh kecepatan rata-rata LV sebesar 44,01 km/jam dan MC sebesar 52,37 km/jam. Nilai BOK untuk LV pada arah pengamatan menuju Simpang 3 PU sebesar Rp. 5.223/km dan arah sebaliknya sebesar Rp. 4.747/km. Adapun BOK untuk sepeda motor diperoleh nilai sebesar Rp. 337,56/km. Nilai waktu perjalanan yang diperoleh dengan metode income approach untuk sebagian penduduk di Kota Banda Aceh yaitu Rp. 24.018,11/jam/orang dan Rp. 35.346,74/jam/orang untuk sebagian penduduk yang berdomisili di Kabupaten Aceh Besar. Adapun metode running speed approach menghasilkan nilai waktu perjalanan LV untuk arah menuju Simpang 3 PU sebesar Rp. 52.928/kend/jam dan arah sebaliknya yaitu menuju Simpang Gunongan diperoleh nilai waktu sebesar Rp. 43.891/kend/jam. Adapun penjumlahan nilai waktu perjalanan LV dan MC untuk arah menuju Simpang 3 PU dan arah menuju Simpang Gunongan masing-masing sebesar Rp. 66.160/jam dan Rp. 54.684/jam. Kata kunci: nilai waktu perjalanan, running speed approach, income approach, kecepatan, BOK.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KARAKTERISTIK KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DI SUZUYA MALL KOTA BANDA ACEH. (JUMADIN, 2017)

ANALISIS KINERJA JALAN DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) AKIBAT PARKIR DI BADAN JALAN (STUDI KASUS JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH) (Cut Irmayanti, 2015)

ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN AKIBAT KENDARAAN BERMOTOR PADA RUAS JALAN TEUKU UMAR SEUTUI KOTA BANDA ACEH (Mumtazul Fikri Musthafa, 2015)

URBAN TRANSPORTATION DI KOTA BANDA ACEH: KAJIAN TERHADAP EFISIENSI EKONOMI (Fakhrizal, 2014)

PENGARUH MANUVER KENDARAAN PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP PENURUNAN KAPASITAS DAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR KOTA BANDA ACEH (YUSMADI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy