//

HUBUNGAN PEMBERIAN ANTIPSIKOTIK RISPERIDON DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reiza Muhammad - Personal Name
SubjectSCHIZOPHRENIA-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Skizofrenia merupakan salah satu masalah gangguan jiwa dengan prevalensi yang masih tinggi di dunia maupun di Indonesia, di Indonesia sendiri tercatat sekitar 6% dari keseluruhan total populasi menderita gangguan skizofrenia, dimana Aceh menempati peringkat tertinggi yaitu sebanyak 2.7%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan pemberian antipsikotik risperidon dengan kualitas hidup pasien skizofrenia di BLUD Rumah Sakit Jiwa Aceh. Penelitian ini merupakan survey analitik menggunakan rancangan studi cross-sectional. Rancangan ini berfungsi untuk mengetahui hubungan pemberian antipsikotik risperidon dengan kualitas hidup pasien skizofrenia. Hasil perhitungan akan dianalisis dengan menggunakan uji Chi-square untuk menilai hubungan pemberian obat antipsikotik risperidon dengan kualitas hidup pasien skizofrenia. Dari hasil uji analisa univariat didapatkan bahwa jenis kelamin laki-laki memiliki kualitas hidup lebih baik sebanyak 75.6% dari total sampel laki-laki. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi-square menunjukkan nilai p value = 0,055 dimana p < 0,05 sehingga hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pemberian antipsikotik risperidon dengan kualitas hidup pasien skizofrenia di BLUD rumah sakit jiwa aceh. Kata Kunci : Skizofrenia, Risperidon, Kualitas Hidup

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN ANTIPSIKOTIK ATIPIKAL TERHADAP PENINGKATAN KADAR GULA DARAH SEWAKTU PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RSJ ACEH (Afra Chaula, 2017)

ANALISIS PROFIL PENGGUNAAN ANTIPSIKOTIK PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI ACEH (M. Afrizal Maulana, 2016)

HUBUNGAN SINDROM PARKINSONISME TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA BANDA ACEH (Reza Hafiyyan, 2017)

GAMBARAN DERAJAT KEPARAHAN AKATHISIA AKIBAT PENGGUNAAN ANTIPSIKOTIK DIUKUR DENGAN METODE PRINCE HENRY HOSPITAL AKATHISIA DI BLUD RSJ ACEH (Febrina Yolanda, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEJADIAN RELAPS PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Merysia Karmila, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy