//

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Vira Afrinanda - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
PHYSICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Hasil Belajar, Penerapan dan Model Problem Based Learning. Masalah dari penelitian ini adalah: (1) Apakah ada peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Kuta Baro melalui penerapan model pembelajaran problem based learning, (2) Bagaimana aktivitas guru dan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Kuta Baro dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning, (3) Bagaimana kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning, (4) Bagaimana respon siswa kelas VIIIA dengan diterapkan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran model problem based learning, (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran model problem based learning dan (4) Respon siswa terhadap penerapan model problem based learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMPNegeri 2 Kuta Baro yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran model problem based learning, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran model problem based learning, dan angket respon siswa menggunakan model problem based learning. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian model problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan individual dan klasikal secara keseluruhan meningkat dari siklus pertama, siklus kedua, hingga siklus ketiga. Persentase aktivitas guru dan siswa meningkat, aktivitas guru yang banyak menggunakan waktu adalah membimbing siswa melakukan eksperimen, dan guru membimbing siswa mengolah dan menganalisis data dari eksperimen mengarahkan dan menilai presentase setiap kelompok dan aktivitas siswa yang paling banyak menggunakan waktu adalah siswa melakukan eksperimen, dan mengolah dan menganalisis data dari eksperimen, kemudian persentasi hasil eksperimen. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran model problem based learning meningkat dari skor 2,9 dengan kategori baik sekali pada siklus satu menjadi 3,1 dengan kategori baik sekali pada siklus dua dan menjadi 3,5 dengan kategori baik sekali pada siklus ketiga. Dan persentase respon siswa baik terhadap penerapan model problem based learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika pada materi otot, rangka dan pesawat sederhana dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLLABORATIVE LEARNING) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTA BARO ACEH BESAR (Masyithah Dahliani, 2017)

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI MTSN KUTA BARO (Masykur, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM (Cut Eka Parasamya, 2017)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Lia Musnidar, 2015)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DARI BAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 BANDA ACEH (Lidya Sri Rizki, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy