Search :

Advance


ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATRIKS DI KELAS XII MAN DARUSSALAM ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cici Rezki - Personal Name
Subyek EDUCATIONAL TEST AND MEASUREMENT
MATRIX ALGEBRA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

vii ABSTRAK Kata kunci : analisis, kesalahan siswa, materi matriks Matriks adalah salah satu materi paling penting dalam matematika dan banyak penerapannya dalam kehidupan, oleh karena itu masih banyak siswa yang sering mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Pada penelitian ini peneliti mengangkat judul “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matriks di Kelas XII MAN Darussalam Aceh Besar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matriks. penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didukung dengan metode kuantitatif. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas XII IPA II MAN Darussalam Aceh Besar. Pengklasifikasian jenisjenis kesalahan siswa diantaranya: kesalahan dalam menggunakan konsep, kesalahan dalam menggunakan prinsip, dan kesalahan dalam menggunakan operasi. Persentase hasil penelitian menunjukkan bahwa: kesalahan siswa dalam menggunakan konsep sebesar 57,24%, kesalahan siswa dalam menggunakan prinsip sebesar 24,08%, kesalahan siswa dalam menggunakan operasi sebesar 24,64%, dengan persentase kesalahan terbesar pada kesalahan konsep maka dapat terlihat bahwa hampir semua siswa tersebut cenderung melakukan kesalahan. Penyebab kesalahan adalah kurangnya minat siswa dalam mempelajari matriks, sehingga jarang dilakukan pengulangan di rumah seperti mengerjakan latihan-latihan dalam pengerjaan soalsoal matematika khususnya materi matriks, siswa hanya mengandalkan hafalan konsep yang sudah dipelajari tanpa memahaminya, terlalu berpusat pada contoh yang diberikan guru sehingga siswa kebingungan jika bentuk soalnya sedikit berubah, dan kurangnya ketelitian serta terburu-buru dalam menyelesaikan soal-soal matematika terutama materi matriks. Disarankan dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi semua guru matematika terutama bagi peneliti lainnya yang ingin meneliti lebih mendalam lagi tentang analisis kesalahan yang dilakukan siswa pada materi matriks sehingga mendapatkan perkembangan dari hasil penelitian yang bermanfaat bagi semua instansi/lembaga pendidikan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SDN UNGGUL LAMPEUNEURUT (ona yohanna, 2017)

ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA MATERI FUNGSI ALJABAR DI KELAS VIII MTS NEGERI TUNGKOB ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Ismatul Hasni, 2014)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN PADA KELAS V SD NEGERI 33 KOTA BANDA ACEH (Intan Mulia, 2014)

IDENTIFIKASI KESALAHAN MENYELESAIKAN TES SUBJEKTIF IPA FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (eva surianti, 2014)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA DI KELAS V SDN 1 JEUMPET ACEH BESAR (NOVA YUSRIANA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.